lklan-728x90
Menu

Gunung Putri Lembang Negeri di Atas Awan Kota Bandung

Mencari objek wisata di bandung khas alam pegunungan yang indah serta menyegarkan ? Tentu saja ada, dan kembali lagi Wisata Lembang menjadi jagonya. Gunung Putri Lembang adalah salah satu nama pegunungan indah di Bandung yang bertempat di Lembang tidak jauh dari gunung tangkuban perahu.Tempat asyik untuk Refreshing karena mempunyai pemandangan alam yang indah serta sangat mudah dijangkau dari pusat kota Bandung. Ini adalah alasan paling utama mengapa anda harus mengunjungi Gunung Putri Lembang Bandung pada saat waktu liburan tiba.

Gunung Putri yaitu merupakan salah satu tempat wisata alam di lembang yang berbentuk sebuah bukit yang wilayahnya banyak ditumbuhi dengan rumput. Dan juga pohon kecil lainnya yang di tengahnya ada sebuah tugu yang terkenal dengan Tugu Sespim. Salah satu lokasi yang menurut orang sangat asyik ini memang belum begitu ramai dan populer. Misalnya seperti bukit di bandung lainnya yang sudah populer terlebih dahulu seperti bukit bintang. Cartil ataupun bahkan tebing keraton, apalagi jika dibandingkan dengan obyek wisata gunung di bandung yang telah melegenda sekelas Gunung Tangkuban Parahu.

Wisata Gunung Putri Lembang

Perlu dicatat jika bagi para pendaki gunung ataupun penggila hiking yang ingin merasakan pengalaman baru dan juga berbeda. Maka gunung putri Lembang inilah yang menjadi pilihan tepat. Tempat ini juga sangatlah cocok bagi para pendaki pemula sebab trek gunung putri lembang relatif dapat dijadikan latihan. Selain dapat menikmati udara yang fresh khas pegunungan, sejauh mata kita memandang dapat dimanjakan dengan eksotisme pemandangan kota Bandung. Pemandangan yang tampak dari indah dari ketinggian, terlebih lagi pada waktu malam hari, sebab gemerlap lampu-lampu kota terhampar dengan amat indah di depan mata.

Terdapat satu hal yang menarik lainnya yang berada di puncak bukit Gunung Putri. antara lain adanya sebuah benteng peninggalan zaman kolonial Belanda. Walaupun keadaanya memprihatinkan yakni terbengkalai serta tidak terurus dimana bangunannya tertutupi ilalang dan tanah. Tidak banyak yang tahu tentang sejarah Benteng Belanda di gunung putri lembang ini. Hanya warga masyarakat sekitar tempat populer menyebutnya dengan Benteng Gunung Putri serta Benteng Jayagiri. Ukuran bentengnya cukup lebar dan luas. Untuk Konstruksi bangunan bentengnya terlihat masih kokoh atau kuat, yang mana di bagian atas benteng tertutupi oleh timbunan tanah serta ditumbuhi ilalang dan semak belukar. Benteng ini didirikan belanda antara tahun 1913 sampai 1917, tepat pada masa Perang Dunia pertama.

Sejarah Gunung Putri Lembang

Selain gunung putri lembang sebagai salah satu obyek wisata bangunan bersejarah yang terdapat di bandung. Juga mempunyai cerita misteri tentang sebuah legenda yang menyelimuti keberadaan bukit kecil pada kawasan wisata lembang ini. Anda pasti pernah mendengar Legenda Sangkuriang bukan ?. Nah perlu anda semua ketahui, konon ceritanya eksistensi Gunung Putri ini diduga kuat dan begitu erat hubungangannya dengan cerita rakyat paling populer jawa barat tersebut.

Keberadaan Gunung Putri Lembang pada sasakala legenda Sangkuriang diyakini menjadi tempat pelarian. Sekaligus persembunyian Dayang Sumbi saat dikejar-kejar oleh sang anak, sangkuriang. Sebab ketidakinginannya untuk dinikahi oleh anaknya sendiri juga lokasinya dengan tangkuban perahu yang begitu dekat. Selain Gunung Tangkuban parahu serta Gunung Putri lembang ternyata ada pula Gunung yang ada kaitannya dengan legenda Sangkuriang tersebut. Antara lain adalah Gunung Burangrang yang konon terbentuk dari rangrang atau ranting pohon bekas membuat perahu. Serta Gunung Bukit tunggul yang menurut cerita bekas tunggul pohon guna membuat perahu oleh Sangkuriang.

Artikel terkait Gunung Putri Lembang Negeri di Atas Awan Kota Bandung