lklan-728x90
Menu

Gunung Ireng, Tempat Favorit Melihat Sunset di Gunungkidul

Jika anda sedang berwisata ke Gunungkidul, jangan cuma ke pantai yang anda tuju, tapi sempatkan juga deh anda datang dan mengeksplorasi keindahan gunung- gunung yang ada di sini. Destinasi wisata baru ini berada di Kecamatan Patuk, Gunungkidul tepatnya di Dusun Srumbung , Desa Pengok. Namanya Gunung Ireng.

Gunung Ireng adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan sawah hijau nan asri yang membentang di sela- sela pedesaan yang tentunya tak kalah seru dengan wisata perbukitan di Gunungkidul seperti Gunung Nglanggeran. Di sini anda akan menemukan suasana berbeda dan tentunya layak untuk diabadikan dalam bidikan lensa kamera anda.

Gunung Ireng, Tempat Favorit Melihat Sunset di Gunungkidul

Rute Menuju Gunung Ireng

Jika dari Jogja, rutenya paling gampang adalah dari Jalan Wonosari lurus saja sampai Patuk. Ketemu perempatan, ambil ke kanan. Lurus aja terus sampai bertemu tugu Semar ireng, ambil kanan. Kelak Anda akan menemukan petunjuk jalan. Bagi pengendara motor, kondisi jalanan ketika mendekati lokasi ada yang berbatu. Bagi yang trauma dengan jalan tipe demikian, sebaiknya berganti dengan kawan. Jika sendirian, pastikan fokus Anda digandakan.

Pesona Sunset Di Gunung Ireng

Di puncak Gunung Ireng adalah spot favorit untuk menunggu momen tenggelamnya matahari, mungkin saja menjelang sore barulah ramai. Inilah sejarah singkat kenapa objek wisata ini dinamakan gunung ireng . “Berawal dari kisah Raden Bratasena dalam lakon pewayangan. Pada Zaman dahulu kala , knon Raden Bratasena sangat marah ketika melihat sekelompok kera bermain bintang di puncak Merapi sehingga Raden Bratasena menendang sekelompok kera tersebut namun tendangannya meleset dan mengenai puncak Merapi sehingga terlempar jauh ke segala penjuru , salah satunya di padukuhan Srumbung yakni Gunung Ireng.  Nama Gunung Ireng ini berasal dari bahasa jawa yang artinya ( Gunung Hitam ) karena gunung ini terdiri dari bebatuan yang berwarna hitam yang membentang dari timur ke barat , Gunung ireng juga sering disebut Gunung Botak karena tidak adanya pohon yang tumbuh di sekitar gunung”.

 

Artikel terkait Gunung Ireng, Tempat Favorit Melihat Sunset di Gunungkidul