lklan-728x90
Menu

Daftar Gunung Di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Pendakian

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai komplek pegunungan yang mempunyai rata-rata ketinggian pada provinsi lainnya. Bentang alam Pegunungan yang dipunyai Jawa Timur begitu banyak jenisnya. Terutama pegunungan yang merupakan bagian dari bagian busur kepulauan gunung api yang aktif serta tidak aktif. Yaitu Gunung yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatra sampai ujung utara Pulau Sulawesi. Kegiatan mendaki gunung kini sangat digemari oleh banyak masyarakat mulai dari kecil sampai usia tua. Mereka sangat menyukai pemandangan alam saat mendaki gunung. Para pendaki gunung akan merasakan sensasi yang begitu menakjubkan saat mendaki gunung sampai dengan sampai ke puncak gunungnya.

daftar-gunung-di-jawa-timur-yang-cocok-untuk-pendakian

Pada waktu libur panjang tentu saja banyak sekali orang yang memanfaatkan waktunya untuk menikmati indahnya pemandangan di pegunungan. Di atas gunung mereka akan menikmati indahnya kabut yang bergumpal dan awan putih yang terlihat begitu indah dan mempesona. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk mendaki gunung, tenang saja pemandangan alam yang begitu mempesona akan dapat anda nikmati. Walaupun anda mempunyai waktu yang tidak banyak anda tetap bisa menikmati indahnya pemandangan alam di gunung. Karena bisa dinikmati dalam waktu semalam. Sebelumnya sudah membahas gunung di jawa barat dan untuk kali ini akan membahas gunung yang bisa anda ndaki di Jawa Timur. Untuk menambahkan informasi serta referensi kalian yang ingin merasakan keindahan alam terutama gunung-gunung di Jawa Timur simak ulasan berikut.

Gunung Di Jawa Timur

Jawa Timur adalah surga bagi para pendaki, sebab berbagai gunung tinggi dengan pemandangan mempesona ada di sini. Yang paling populer tentunya adalah gunung bromo. Sebagai pusat fotografi alam serta gunung semeru menjadi gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Akan tetapi sebab gunung Bromo terlalu bertema wisata alam yang tak harus bersusah payah mendaki mencapai keindahannya. Beruntung sekali mereka yang dilahirkan dan hidup di tanah Jawa. Terlebih lagi berada tepat di bagian timur dari pulau ini. Bermacam macam gunung dengan karakteristik serta keindahan tersendiri berada di wilayah ini. Para pendaki gunung daerah ini tidak perlu pergi jauh untuk mencari gunung yang tinggi. Serta  menantang, sekalian indah untuk di panjat, sebab semua kriteria itu ada di gunung-gunung yang tersebar luas di wilayah Jawa Timur.

Gunung Semeru Jawa Timur

Gunung Semeru atau biasa disebut Gunung Meru merupakan sebuah gunung berapi bentuk kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Semeru merupakan gunung paling tinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru yang tingginya 3.676 meter. Gunung Semeru juga disebut gunung berapi paling tinggi ke tiga di Indonesia. Sesudah Gunung Kerinci di Sumatera serta Gunung Rinjani yang ada di Nusa Tenggara Barat. Kawah yang ada di puncak Gunung Semeru terkenal dengan sebutan Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif masuk di dalam wilayah dua kabupaten. Yaitu Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang, Provinsi dari Jawa Timur. Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Semeru memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericaceous ataupun hutan gunung.

Bagi pendaki yang baru sekali naik, mungkin akan kebingungan menemukan jalur mendaki, dan berputar-putar di Ranu Pani saja. Utuk itu sesampai di gapura bertulis selamat datang, perhatikan arah kanan kiri bukit. Anda jangan mengikuti jalanan luas ke arah kebunnya penduduk. Selain jalur yang umum dilewati oleh pendaki, ada juga jalan pintas yang biasa dilewati para pendaki lokal, tapi jalur ini sangatlah curam. Jalur awal yang biasa dilewati landai, melewati lereng bukit yang ditumbuhi dengan rumput alang-alang. Tidak terdapat tanda penunjuk arah jalan, akan tetapi ada juga tanda ukuran jarak di setiap 100 m, ikutilah tanda ini. Ada banyak pohon tumbang, serta ranting-ranting diatas kepala. Sehingga pendaki harus sering menundukkan kepala.

Pendakian Puncak Semeru

Sesudah berjalan sekitar 5 Km melewati lereng bukit yang terdapat banyak tumbuhan Edelweis. Pendaki akan sampai di Watu Rejeng. Dan akan melihat batu terjal tapi sangat indah. Kita lihat pemandangan yang begitu indah ke arah lembah serta bukit-bukit, yang terdapat hutan cemara dan pinus. Kadang juga kita bisa menyaksikan kepulan asap yang ada puncak gunung Semeru. Untuk menuju Ranu Kumbolo pemdaki masih harus menempuh jarak sekitar 4,5 Km. Di atas puncak Gunung Mahameru (Semeru) para pendaki dianjurkan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko. Dan juga dilarang menaiki dari sisi sebelah selatan. Sebab adanya gas beracun serta aliran lahar. Suhu yang ada dipuncak Mahameru antara 4 – 10 derajad Celcius. Saat puncak musim kemarau kurang dari 0 derajad Celcius, banyak dijumpai kristal-kristal es. Cuaca sering banyak kabut terutama pada siang, sore serta malam hari. Angin berhembus kencang, pada bulan Desember sampai Januari sering terjadi badai.

Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo adalah gunung di jawa timur dan masih aktif yang berada pada perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan serta Probolinggo. Puncak  yang memiliki ketinggian 2392 m dpl memang begitu mempesona bagi siapapun yang datang untuk berkunjung. Dengan dilengkapi oleh beberapa obyek wisata yang berada di sekitarnya membuat gunung ini sebagai obyek wisata yang unik serta menarik. Wisata Gunung Bromo sendiri banyak disebut oleh banyak orang sebagai Iconnya Jawa Timur. Memang secara fisik gunung ini tidaklah sebesar gunung – gunung lain di Jawa Timur, seperti gunung Semeru, gunung Argopuro, pesonanya alam yang indah sudah terkenal tidak hanya di Indonesia tapi sampai ke mancanegara.

Untuk menikmati pemandangan dari puncak gunung Bromo sendiri umumnya para pendaki akan menuju ke View Point lebih dahulu. View Point yaitu sebuah tempat yang dipakai untuk menyaksikan matahari terbit serta keindahan gunung Bromo dari ketinggian. Terdapat lima tempat yang dapat di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo dari puncak bukit. Antara lain adalah Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong serta Puncak B29. Akan tetapi untuk Puncak B29 tempatnya lumayan jauh dari keempat view point yang lainya, dan tempat ini adalah tempat yang baru dikembangkan untuk dijadikan sebagai view point.

Kawah Bromo

Kawah Gunung Bromo adalah tempat wisata kedua yang umumnya dikunjungi oleh wisatawan yang berwisata ke gunung Bromo. Bromo ini tak kalah menarik dengan gunung di jawa tengah. Gunung di Jawa Timur ini memiliki kawah dengan garis tengah ± 800 meter dan sangat unik. Untuk bisa mengunjungi kawah gunung Bromo, para pendaki biasanya melakukannya dengan menaiki kuda ataupun dengan berjalan kaki. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan menaiki tangga dengan anak tangga yang berjumlah 250. Pemandangan dipuncak kawah Bromo memang sangatlah mempesona dan elok. Dengan dihiasai berbagai macam pemandangan yaitu pemandangan pegunungan tengger dan gunung Batok yang membentuk garis-garis yang terjal dan ada disamping kawah gunung Bromo.

Artikel terkait Daftar Gunung Di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Pendakian