lklan-728x90
Menu

Keindahan Gunung Di Jawa Tengah Jadi Idola Para Pendaki

Jawa Tengah merupakan salah satu propinsi yang ada di Indonesia dan sesuai namanya berada di bagian tengah pulau Jawa. Ibu Kota dari propinsi Jawa Tengah ini adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa barat yaitu provinsi yang ada di jawa bagian barat. Dan juga berbatasan dengan Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta berada di sebelah selatan.  Jawa Timur berada di sebelah timur serta Laut Jawa Di Sebelah Utara. Luas wilayah jawa tengah adalah 32.548 kilometer atau sekitar 28,94% dari luas seluruh pulau jawa. Di sebelah selatan Jawa Tengah juga terdapat Pulau Nusakambangan dan pulau Karimun Jawa di laut Jawa.

keindahan-gunung-di-jawa-tengah-jadi-idola-para-pendaki

Kegiatan mendaki atau memanjat gunung di Jawa Tengah saat ini sepertinya semakin digemari oleh kalangan anak-anak muda. Hal ini terbukti dengan bertambah banyaknya orang yang melakukan pendakian gunung. Setiap hari serta munculnya banyak komunitas pendaki gunung yang baru. Untuk Para pecinta hiking ini juga ada hampir di setiap daerah. Dan umumnya, ada komunitas lokal yang menjadi tempat perkumpulan para pecinta kegiatan hiking. Sebagai negara yang termasuk di dalam Cincin Api, Indonesia mempunyai banyak sekali gunung yang banyak tersebar di semua pulau dan propinsi. Yang mana, gunung-gunung tersebut menjadi tujuan pendakian para pendaki yang berasal dari Indonesia dan juga mancanegara.

Gunung Di Jawa Tengah

Gunung Sumbing adalah gunung yang berada di Jawa Tengah dan terbentang di 4 kabupaten. Yaitu Magelang, Temanggung, Wonosobo, serta kabupaten Purworejo. Objek Wisata Pendakian Gunung Sumbing menempati urutan nomer 3 tertinggi di Pulau Jawa. Setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Saat Anda berada di atas bangunan candi Bororbudur, anda dapat melihat gunung sumbing ini di arah barat. Keadaan alam disekitar kaki Gunung Sumbing sangatlah subur. Sehingga banyak digunakan masyarakat setempat sebagai area perkebunan. Dengan mempunyai ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut. Setiap peserta pendaki yang mencoba memanjat gunung tersebut akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas awan.

Dan disepanjang perjalanan menuju puncak Sumbing akan disambut oleh bunga edelweis. Bunga edelweis yang disebut bunga abadi yang mekar dalam waktu cukup lama dan hanya dapat tumbuh di dataran tinggi. Gunung Sumbing sering juga disebut dengan gunung kembar. Sebab letaknya berdekatan dengan Gunung Sindoro. Banyak pendaki yang menganggap rute di Gunung Sumbing lebih sulit daripada rute menuju puncak Gunung Sindoro. Akan tetapi keduanya sama-sama mempunyai keindahan yang sangat menakjubkan. Gunung Sumbing yaitu gunung api yang aktif bertipe stratovolcano. Maka tidak heran bila di puncaknya terdapat kawah indah yang bisa kamu kunjungi dan nikamati.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Tak ada data yang jelas kapan terakhir kali gunung ini meletus. Tapi dewasa ini, Gunung Sumbing tampaknya sedang sedikit tertidur atau tidak aktif. Jadi kawahnya pun tak terlalu menunjukkan aktivitas yang begitu membahayakan. Dengan keadaan ini, anda bisa mengunjungi langsung pasir yang berada di kawah ini. Untuk sekedar melakukan foto bersama atau mengagumi keindahan alam. Kawah Gunung Sumbing juga punya pemandangan alam yang indah. Karena dikelilingi dengan tebing batu yang sangat indah mempesona. Ada 3 jalur pendakian Gunung Sumbing yang sudah biasa digunakan oleh para pendaki gunung. Diantaranya yaitu jalur Cepit Parakan yaitu Pungungan Timur. Jalur Bogowongso atau Pungungan Barat, serta Jalur Desa Garung yaitu Pungungan Utara.

Jalur via Garung adalah jalur favorit seorang pendaki Gunung Sumbing. Sebab pemandangan yang lebih indah dan jalurnya relatif lebih pendek. Pada kegiatan Pendakian Gunung Sumbing via Garung jalur lama maupun baru. Kita bisa menuju basecamp Garung dengan cara menaiki bus tujuan Wonosobo. Setelah itu berhenti di pos pendakian Garung. Lalu harus berjalan kurang lebih 1 km hingga sampai ke basecamp. Rute menuju basecamp Garung tidaklah sulit jalanannya sudah di aspal. Sesudah beristirahat sejenak di basecamp dengan melengkapi registrasi dan membayar biaya registrasi sebesar 15.000. Ini sudah termasuk biaya parkir motor jika membawa kendaraan sendiri.

Pos 1 Pendaki Gunung

Setelah itu kita bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju ke pos 1. Ada dua pilihan untuk para pendaki menuju ke pos 1. Yaitu dengan cara berjalan kaki ataupun memakai ojek yang sudah siap di basecamp. Jika kita berjalan kaki, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam. Tapi bila menggunakan ojek hanya menghabiskan waktu kurang dari 15 menit dengan biaya 25 ribu/orang. Jika ini adalah pendakian pertama di Gunung Sumbing, lebih baik memilih untuk berjalan kaki saja. Sebab akan lebih berkesan dan pada setiap langkah menuju pos satu akan dijumpai hamparan perkebunan penduduk. Yang penuh dengan tanaman khas dataran tinggi yang indah. Untuk pos 1 merupakan batas antara perkebunan warga dengan pintu masuk ke hutan. Ditempat itu ada warung milik warga serta tempat berteduh dengan atap. Terdapat juga pos ojek yang siap mengantar para pendaki yang ingin turun ke basecamp dengan motor.

Pos 2 Gunung Sumbing

Pendakian mulai dari pos 1 menuju pos 2 atau Genus berupa tanah yang padat dan juga tidak rata. Medan yang dilewati belum begitu terjal serta menanjak. Hanya jarang pendaki akan menemui beberapa tanah datar tapi sempit. Yang bisa dipakai untuk berhenti sejenak mengatur nafas dan fisik yang lelah. Dimulai dari pos 1 menuju pos 2 akan menempuh wakt u sekitar 1 jam. Di pos 2 yang ada pada jalur pendakian hanya bisa menampung sekitar 3 tenda. Sebab tempatnya yang memang tidak begitu luas. Kegiatan Pendakian Gunung Sumbing dari pos 2 menuju ke pos 3 atau Seduplak Roto. Para pendaki akan dihadapkan dengan medan yang semakin menanjak dengan kecuraman yang tinggi.

Para pengunjung harus berhati hati karena medan pendakian ini licin dan juga curam serta berbahaya. Tidak ada medan yang mendatar atau biasa disebut bonus dari pos 2 menuju ke pos 3.  Siapkan tenaga anda saat melakukan istirahat di pos 2. Waktu yang dibutuhkan dari pos 2 menuju pos 3 kurang lebih sekitar 1 jam. Mendaki  Gunung Sumbing dari Pos 3 menuju ke Pestan tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 30 menit. Pestan adalah  tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda. Sebab disana merupakan dataran yang cukup luas dan bisa menampung puluhan tenda. Tapi harus diingat untuk sebisanya tidak mendirikan tenda di Pestan. Sebab tidak adanya pepohonan ataupun  batu besar sehingga rawan angin kencang atau badai.

Walaupun perjalanannya penuh tantangan dan rintangan, akan tetapi rasa lelah anda akan terbayar. Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan rasa lelah dan takut anda seketika akan hilang. Anda akan merasa puas dengan pemndangan yang disuguhkan. Pemandangan gunung di jawa tengah tidak kalah dengan pemandangan gunung di jawa barat. Demikianlah ulasan tentang Gunung di Jawa Tengah. Mudah mudahan bisa menambah wawasan anda. Apabila kurang jelas bisa dibahas di lain waktu lagi.

 

Artikel terkait Keindahan Gunung Di Jawa Tengah Jadi Idola Para Pendaki