lklan-728x90
Menu

Asyiknya Berwisata Mendaki Gunung Di Jawa Barat Bogor

Berbagai tempat tujuan wisata di Bogor sungguh menarik dan memikat minat banyak kunjungan wisatawan dari berbagai macam daerah di Indonesia. Bogor menawarkan Anda beberapa pengalaman wisata alam yang menarik serta aneka hiburan serta permainan yang menyenangkan. Mengingat lokasi wisata Bogor yang bisa dibilang dekat dari ibukota negara. Terdapat banyak kunjungan masyarakat Jakarta dan wilayah di sekitarnya menuju Bogor. Terutama pada saat akhir pekan dan hari-hari libur. Sebagai sebuah daerah geografis yang secara administratif dibagi dalam kotamadya dan kabupaten dan masuk dalam teritorial Jawa Barat. Terdapat banyak obyek wisata di Jawa Barat khususnya Bogor yang menyuguhkan kenyamanan berekreasi tanpa memerlukan biaya yang besar.

asyiknya-berwisata-mendaki-gunung-di-jawa-barat-bogor

Anda dapat mengunjungi dan menikmati keindahan alam serta pesonanya, seperti di daerah Puncak atau kawasan Sentul. Selain itu, Kota Bogor juga terkenal dengan kebun raya yang legendaris serta sejumlah sarana permainan dan hiburan yang menyenangkan dan tentunya mengasyikkan untuk berlibur. Seakan tak mau kalah, berbagai tempat wisata kuliner Bogor serta jajanan khasnya yang nikmat juga banyak dicari dari berbagai kalangan pecinta kuliner. Dikarenakan daya tarik wisatanya yang mempesona, tidaklah heran jika saat akhir pekan Anda akan menemui sejumlah ruas jalan di Bogor yang mengalami kemacetan dikarenakan akibat dari arus kedatangan wisatawan yang ingin berlibur di Kota Bogor.

Tempat Wisata Bogor

Anda jangan khawatir tentang akomodasi dan transportasi yang ada di Bogor. Di Bogor terdapat banyak hotel di Bogor dan aneka penginapan lainnya yang dapat anda pilih sesuai kemauan Anda. Kondisi transportasi yang bisa dibilang baik adalah hal positif lainnya yang memungkinkan Anda dapat sampai di berbagai destinasi wisata Bogor dengan cara mudah. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai tempat wisat menarik di Bogor yang bagus dikunjungi. Berikut ini adalah ringkasan salah satu dari tempat wisata di Bogor paling populer di kalangan penikmat wisata. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari mancanegara.

Anda belum pernah merasakan indahnya naik gunung, namun Anda ingin mendaki gunung. Melihat pemandangan yang indah dari atas gunung tentu saja semua orang akan terpukau. Ada beberapa gunung yang dapat Anda coba untuk dinikmati pemandangannya.  Dengan dilewati gunung berapi aktif maupun yang tidak aktif membawa keberkahan tersendiri bagi warga masyarakat Jawa Barat. Tidak hanya tanahnya yang menjadi subur, akan tetapi juga keindahan dan kontur alam yang disajikan akibat dari dampak letusan gunung berapi. Dengan adanya banyak gunung yang betebaran di sekitar Jawa Barat, tidaklah heran bila provinsi ini turut menjadi incaran dan favorit para pendaki. Baik untuk pendaki pemula maupun pendaki yang sudah profesional. Berikut adalah gunung di Jawa Barat yang menjadi favorit para pendaki khususnya di Bogor.

Gunung Munara Parung Bogor

Gunung Munara bisa menjadi pilihan pertama Anda untuk menjajal rasanya mendaki gunung. Saat Anda ingin mendaki gunung ini, Anda pun tidak perlu mempersiapkan carier besar bersama pakaian Anda. Anda bisa mendaki tanpa harus membawa tas carier. Cukup hanya membawa tas ransel yang berisikan minuman. Serta makanan untuk Anda dan beberapa teman Anda, bila Anda mendaki bersama teman-teman anda. Gunung Munara hanya mempunyai ketinggian sekitar 1200 MDPL.  Anda pun juga tidak perlu membawa pasokan logistik yang begitu banyak. Diatas gunung pun banyak warga sekitar yang menjualkan dagangan seperti air mineral, roti, gorengan, serta bermacam snack yang lainnya.

Untuk menuju ke atas puncak munara, Anda bisa menempuh waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam saja. Semua tergantung kekuatan Anda atau rekan-rekan Anda mendaki dan seberapa sering Anda beristirahat saat lelah mendaki. Memang kondisi jalur pendakiannya seperti mendaki gunung-gunung yang lebih tinggi dari gunung ini. Anda juga akan menjumpai jalur yang kemiringannya mencapai lebih dari 40 derajat. Sesampainya di puncak, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa dengan persawahan dan perkampungan masyarakat yang begitu indah.

Keindahan Puncak Munara

Saat Anda ingin menaiki salah satu puncaknya, Anda harus merambat ke tebing bebatuan. Wah, ini seperti yang dilakukan para pemeran pada film 5 CM saat ingin menuju puncak Gunung Semeru. Jika di pegunungan Munara Anda tidak usah merambat cukup jauh. Sesudah itu diatas tebing bebatuan Anda bisa melihat pemandangan dari atas yang luar biasa keindahannya. Selain lokasi ini, puncak berikutnya bisa Anda tempuh 15 menit dari puncak pertama. Di puncak yang kedua ini hanya terdapat batu batuan sebagai spot Anda menikmati area persawahan. Jika akhir pekan Anda harus bergantian dengan pengunjung yang lain untuk merasakan duduk di batu-batu besar.

Pastinya anda akan langsung terpukau melihan indahnya pemandangan yang disuguhkan dari puncak gunung tersebut. Dan terdapat bukit yang berdiri dengan ujungnya yang sedikit lancip menambah keindahan pemandangan alam dari puncak Munara. Untuk Situs Gunung Munara berada di Kecamatan Rumpin, Parung Bogor. Bila Anda dari arah Bogor Kota, Anda bisa melalui pasar parung terus ambil arah Rumpin atau Anda dapat melalui jalur alternatif ke Gunung Sindur. Pertigaan jalur alternatif ini berada sesudah melalui Perumahan Kahuripan. Terus Anda lurus saja hingga menemukan perempatan, nah, di perempatan Anda belok ke kiri terus ambil arah Rumpin.

Gunung Batu Jonggol Bogor

Gunung Batu adalah salah satu gunung yang dapat didaki dalam waktu yang tidak lama. Anda dapat mendaki dari lokasi tempat parkir hingga ke puncak menempuh waktu selama dua jam. Selain gunung Munara, Gunung Batu ini juga bisa menjadi destinasi wisata Anda untuk pendakian. Meskipun Gunung batu tidak terlalu tinggi, Tapi Anda jangan meremehkan kondisi jalur pendakian gunung ini. Untuk menuju puncak gunung Batu, Anda harus melewati jalur yang di kiri kanannya adalah  jurang. Sehingga Anda harus sangat berhati-hati dalam mendakinya. Selain itu jalur tersebut hanya bisa dilalui oleh satu orang, dan Anda harus bergantian melalui jalur ini.

Saat Anda sudah hampir mencapai puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan warna hijau yang luar biasa keindahannya. Bukit-bukit tersebut membentang dengan panjang. Saat Anda di puncak, Anda harus bergantian menuju ke spot ini. atau spot ini sangat sempit dan hanya cukup untuk sekitar 7 sampai 10 orang. Sebelum Anda mendaki gunung Batu, Anda harus memikirkan kapan Anda ingin mendaki gunung ini. Di Gunung Batu tidak terdapat banyak pohon tinggi, sehingga saat Anda mendaki pada siang hari akan terasa panas yang akan menembus kulit Anda. Lebih baiknya Anda mendaki ke gunung Batu di pagi atau sore hari dan anda akan mendapatkan suasana yang sejuk.

Mendaki Gunung Batu

Hal yang tidak boleh Anda lupakan saat mendaki gunung batu, Anda harus memikirkan logistik yang harus anda bawa. saat diatas tidak terdapat warung-warung kecil seperti di Gunung Munara yang menyediakan banyak jajanan. Anda harus mempersiapkannya dari rumah. Seperti air mineral yang cukup, dan makanan kecil untuk memberi kekuatan saat pendakian.  Anda juga harus menggunakan pakaian yang cukup aman, seperti halnya jaket, dan sepatu yang tidak licin. Wisata Gunung Batu terdapat di Kampung Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur Jonggol Bogor. Dan untuk Letaknya cukup jauh dari jalur alternatif Cibubur-Cianjur.

 

jasa buat blog

Artikel terkait Asyiknya Berwisata Mendaki Gunung Di Jawa Barat Bogor

loading...