lklan-728x90
Menu

Gunung Batu Lembang Wisata Alam Paling Menakjubkan

Tempat wisata alam di Bandung juga sekitarnya terkenal menyimpan banyak tempat wisata yang eksotis dan juga romantis. Untuk tempat-tempat wisata alam di bandung yang unik serta menarik itu sangat ideal untuk anda kunjungi. Seperti danau atau situ di bandung, Curug atau air terjun bandung sampai lokasi bukit pegunungan. Seperti yang anda tahu, Geografis kota Bandung memang dikelilingi dengan jalur pegunungan yang membantang panjang mengitari kota kembang. Kemudian uniknya setiap lokasi mempunyai daya tariknya masing-masing. Disini akan diulas mengenai wisata alam Gunung Batu Lembang.

Seperti sebutannya, salah satu gunung di lembang bandung yang begitu indah ini merupakan gunung yang sebagian besar permukaan arealnya dipenuhi bebatuan. Dengan ukuran begitu besar yang berada di puncaknya. Nah, sebab permukaan gunungnya yang didominasi oleh bebatuan besar. Maka inilah yang kemudian menyebabkan hampir tidak adanya pohon yang tumbuh di pucak gunung ini. Hanya terdapat onggokan rumput juga ilalang yang tumbuh pada puncak gunung batu lembang ini. Berdasarkan data ilmiah, Gunung Batu Lembang ini diperkirakan terbentuk dari aliran lava. Sebab akibat letusan dari Gunung Sunda purba yang meletus kira kira 500.000 tahun yang silam.

Wisata Alam Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang mempunyai ketinggian kurang lebih 1250 meter di atas permukaan air. Dan dari lokasi puncaknya anda dapat menyaksikan landscape Bandung yang dikelilingi pegunungan yang begitu luar biasa indah. Misalnya Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, serta Gunung Putri yang terdapat di utara. Dan bila kamu melihat ke arah timur maka kamu dapat melihat Gunung Bukittunggul & Gunung Palasari. Tak hanya itu, apabila anda bermalam atau camping di sini, maka bisa menikmati pemandangan sunrise yang menakjubkan di waktu subuh. Semburat dari cahaya matahari pagi berpadu indah bersama pemandangan gunung bukit tunggul pada bagian timur. Sementara pada bagian barat kita bisa menikmati keindahan Gunung Burangrang.

Gunung Batu Lembang termasuk bagian dari Patahan Lembang yang termasuk salah satu sesar yang menjadi obyek penelitian LIPI. Yang termasuk retakan sepanjang 22 Km, membentang dari arah timur sampai ke barat. Berawal dari kaki Gunung Manglayang di sebelah timur serta menghilang sebelum kawasan perbukitan kapur Padalarang pada bagian barat. Patahan itu tepat di antara Gunung Tangkubanparahu serta dataran Bandung. Sampai membentuk dua blok, utara serta selatan. ”Tembok Alam Raksasa” ini membentengi pemandangan orang di sebelah utara ke arah selatan.

Fakta Gunung Batu Lembang

Sekitar pada tahun 2008 LIPI menggali tanah pada kawasan Lembang. Nyatanya, berhasil diketahui jejak gerakan gempa selama 3.000 tahun terakhir, sudah terjadi 7 kali pergerakan besar Sesar Lembang. Dari rekaman tersebut diketahui dari lapisan tanah bekas sagpond atau areal rawa yang terbentuk akibat pergerakan patahan. Akan tetapi, belum diketahui mekanisme pergerakan Patahan Lembang karena lambannya laju pergerakan sesar, 2 milimeter sampai 5 milimeter tiap tahun. Periode gempa pada Patahan Lembang pun bisa dibilang lama, sekitar 400 hingga 700 tahun. Sampai tidak ada fakta sejarah yang menunjukkan data secara jelas. Keaktifan sesar yang membentang panjang antara Manglayang,Parongpong sampai Lembang.

Gunung batu lembang ini juga merupakan tempat terbaik untuk  dijadikan destinasi wisata di lembang bandung yang begitu menarik. Bermacam aktifitas wisata dapat dilakukan di tempat ini. Dimulai dari start menuju area wisata lembang ini yang harus mendaki atau Hiking. Sampai untuk anda yang gemar dengan tantangan menguras adrenalin seperti halnya panjat tebing dapat anda lakukan di sini. Aktivitas wisata menarik lainnya yang tidak kalah seru yaitu bermalam dengan cara Camping. Di sini anda dapat menemukan banyak sekali sensasi wisata. Misalnya menikmati sentuhan angin lembut serta dingin khas pegunungan yang menenangkan. Bisa juga menikmati indahnya sunrise sampai sunset dari ketinggian lembang. Sampai kegiatan fotograpi untuk mencari sudut-sudut eksotis gunung batu untuk anda unggah di akun sosial media anda.

Artikel terkait Gunung Batu Lembang Wisata Alam Paling Menakjubkan