lklan-728x90
Menu

“Graha Tama Pustaka” Perpustakaan Daerah Termegah di Yogyakarta Ini Segera Diresmikan

Perpustakaan termegah milik Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin (21/12). Perpustakaan yang dinilai sebagai perpustakaan daerah termegah di Indonesia itu diberi nama “Graha Tama Pustaka.”

Nama Graha Tama Pustaka mengandung arti tempat menyimpan swaka. Karena di Perpustakaan ini terdapat berbagai koleksi buku yang masih baru hingga buku langka yang sudah dicetak lagi, baik dalam bentuk buku maupun digital.

Graha Tama Pustaka Perpustakaan Daerah Termegah di Yogyakarta Ini Segera Diresmikan

Koleksi Graha Tama Pustaka

Jumlah koleksi dalam bentuk buku sekitar 400 ribu buku dan koleksi versi digital ada 350 ribu. Namun, versi digital belum bisa didownload semua karena sedang dalam proses pembuatan sim digital. Perpustakaan tersebut berdiri di atas tanah
seluas 2,4 hektar dengan anggaran keseluruhan sekitar Rp 70 miliar.

Perpustakaan ini dilengkapi dengan ruang bercerita anak-anak, bioskop, ruang teater, dan ruang audio visual. Di samping itu, Graha Tama Pustaka dilengkapi fasilitas berjualan makanan. Apabila dilihat dari fasilitas yang dibangun, perpustakaan ini termegah dibandingkan perpustakaan yang ada di provinsi lain dan koleksinya juga terlengkap.

Pihak graha Tama Pustaka akan koordinasi dengan Dinas Pendidikan agar para pelajar bisa menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan secara gratis, untuk menyaksikan film yang menjadi arsip dan koleksi BPAD DIY.

Di samping pelajar, masyarakat umum juga bisa menggunakan fasilitas perpustakaan  daerah, misalnya menyaksikan film dokumenter, dan film tentang pendidikan.

Sepekan sebelum Graha Tama Pustaka diresmikan, pengurus akan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk masyarakat umum, seperti seminar, lomba bercerita, karnaval pustaka, menampilkan wayang kulit dan Kyai Kanjeng.

Setelah diresmikan, perpustakaan akan ditutup sementara untuk dilakukan pembenahan. Aktifitas Graha Tama Pena akan dimulai pada Januari 2016 dengan jadwal buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Pengunjung perpustakaan ini akan dilayani oleh sebanyak 30 tenaga kontrak.

Artikel terkait “Graha Tama Pustaka” Perpustakaan Daerah Termegah di Yogyakarta Ini Segera Diresmikan