lklan-728x90
Menu

Goa Tanding, Objek Wisata Baru Gunungkidul Destinasi Pilihan Saat Lebaran

Di akhir tahun 2015 telah ditemukan sebuah goa baru di daerah Gunungkidul Yogyakarta, menurut beberapa informasi dari warga sekitar goa tersebut dinamakan Goa Tanding. Lokasi Goa Tanding masih berada di lokasi wisata Goa Pindul, di dalam goa tersebut juga ditemukan sungai bawah tanah yang aliran sungainya masih satu jalur dengan sungai  di dalam Goa Pindul.

Goa Tanding terletak di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada mulanya Goa Tanding ditemukan oleh warga setempat yang bernama mbah Harto Tanding ketika sedang menggali sumur. Dari situlah muncul nama Goa Tanding yang diambil dari nama mbah Harto Tanding si pemilik sumur.

Goa Tanding, Objek Wisata Baru Gunungkidul Destinasi Pilihan Saat Lebaran

Sejarah Ditemukannya Goa Tanding

Goa Tanding adalah goa bawah tanah yang pada awalnya tidak memiliki akses. Sumur mbah Harto Tanding tersebut adalah satu-satunya jalan masuk menuju goa sehingga harus dibuatkan jalan masuk terlebih dahulu. Setelah melalui proses pemetaan dan penggalian akhirnya keindahan Goa Tanding yang sebelumnya tersembunyi dapat dinikmati dengan mudah.

Goa Tanding terbentang sepanjang kurang lebih 450 m. Kedua sisi – hulu dan hilir – berada di bawah tanah sehingga perlu didibuat ventilasi buatan agar terjadi pergantian udara di dalam goa. Kondisi di dalam goa gelap gulita karena tidak ada cahaya matahari yang masuk ke dalam goa dan diperlukan cahaya lampu senter sebagai penerangan. Kedalaman air mencapai 3 m dengan lebar bervariasi, cukup luas untuk dilewati perahu karet bersisihan. Ketinggian dinding goa juga bervariasi, mulai dari 3 m sampai dengan 15 meter dengan dinding yang dihiasi oleh berbagai jenis bebatuan stalaktit dan stalakmit yang pastinya akan sangat indah untuk dinikmati sambil naik perahu karet.

Keindahan GoaTanding Dapat Dinikmati Lebaran Tahun Ini

Goa Tanding diharapkan sebagai ikon wisata baru yang memikat wisatawan. Setelah diluncurkan nanti wisatawan dapat menikmati indahnya goa yang penuh stalaktit dan stalagmit kuning keemasan.

Berbeda dengan menyusur Goa Pindul, masuk goa tanding wisatawan bisa menaiki perahu karet, menempuh perjalanan sepanjang  450 meter dengan waktu  sekitar 1,5 jam. Satu kapal karet dapat mengangkut 6 orang. Lebar goa antara 4-8 meter, ketinggiannya antara 4- 11 meter. Kedalaman airnya rata-rata 4 meter. “Sungai dalam goa ini satu alur dengan Goa Pindul.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat masuk gua, pengelola sudah mendatangkan ahli gua dari Perguruan Tinggi. Bahkan, pembuatan gerbang dan lorong masuk didasarkan atas rekomendasi dari ahli gua. Sudah dilakukan penelitian keamanan gua dan kebutuhan oksigen. Ada dua ventilasi, sumur yang tembus ke gua dan satu ventilasi buatan.

Mulut Goa Tanding memiliki kedalaman vertikal sekitar 7 meter dengan panjang aliran sungai yang ada di dalamnya kurang lebih 700 meter.

Telah dilakukan penelitian mengenai kelayakan dan keamanan Goa Tanding untuk dijadikan obyek wisata. Kemungkinan besar di tahun 2016 ini Wisata Goa Tanding sudah bisa dibuka untuk umum sehingga semakin menarik perhatian wisatawan lokal dan turis manca negara yang ingin rekreasi di Jogja khususnya Gunungkidul.

Rute Menuju Goa Tanding

Jika dari arah Jogja menuju ke Goa Tanding aksesnya cukup mudah dan sangat mulus, tinggal ambil arah jalan Wonosari, ikuti terus jalur utama hingga sampai ke Bundaran Wonosari. Dari situ ambil kiri dan sudah banyak pemandu yang siap memandu Anda. Tenang saja karena untuk dipandu menuju ke Goa Tanding/Pindul pengunjung tak dimintai uang tambahan karena sifatnya referrensi dari pengelola. Rute menuju Goa Tanding dari Jogja butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Artikel terkait Goa Tanding, Objek Wisata Baru Gunungkidul Destinasi Pilihan Saat Lebaran