lklan-728x90
Menu

Goa Tanding Asal Mula Dan Pesona Keindahannya

Gunungkidul lagi-lagi banyak wisata baru yang selalu bermunculan di kabupaten ini. Memang kabupaten Gunungkidul saat ini baru di buru oleh wisatawan. Seperti belum lama ini kabupaten Gunungkidul meluncurkan wisata alam yang baru dan bahkan sangat keren sekali. Namanya Goa Tanding atau Gua Tanding. Goa Tanding ini lokasinya berada di dekat Goa Pindul yang sudah terlebih dahulu terkenal.

Di benak saya Goa Tanding ini sepertinya di buat untuk menandingi Gua Pindul sesuai dengan namanya “Tanding” karena kita tau sendiri Goa Pindul ini begitu ramai pengunjung, terkenal dan menjadi penyedot wisatawan kedua setelah pantai, banyak yang di untungkan dengan ada nya wisata Pindul ini, sampai-sampai tersiar kabar terjadi perselisihan antara Pemkab dan warga masyarakat soal Pindul ini, namun setelah di telusuri ternyata “Tanding” ini bukan pertandingan atau menandingi Goa Pindul walaupun letaknya berdekatan.

Goa Tanding Asal Mula Dan Pesona Keindahannya

Asal Mula Goa Tanding

Objek Wisata Goa Tanding yang teletak di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo bersiap peresmian pembukaan atau lauching. Meski masih kurang terdengar, tapi ternyata sudah banyak wisatawan yang telah mengunjungi objek wisata yang baru ini.

Goa Tanding merupakan objek wisata baru yang ditemukan di akhir tahun 2015 yang lalu. Goa yang ditemukan secara tidak sengaja oleh warga ini berada satu kawasan dengan Goa Pindul. Gua Tanding juga memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang sekitar 700 meter. Karena terletak berdekatan, aliran sungai dari Goa Tanding masih satu jalur dengan aliran sungai Goa Pindul.

Asal muasal nama Goa Tanding ini ketika ada warga masyarakat Bejiharjo yang ingin membuat sumur air yang bernama Harto Tanding lama kelamaan menggali sumur namun tak kunjung mendapat air yang keluar dan niat mbah Harto Tanding ini ingin menggali semakin dalam Al hasil ketika linggis alat untuk menggali sumur mbah Harto Tanding ini menembus rongga yang berada di perut bumi, dan secara tidak sengaja Goa ini di temukan oleh Mbah Harto bersama keluarganya, mulanya Goa Tanding ini tidak ada akses keluar masuk kecuali melewati sumur mbah Harto. Karena situasi gua di dalam tanah ini cukup luas dan melebihi goa Pindul yang sudah lama terkenal akhirnya gua ini dinamakan “Gua Tanding” nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan jalan pertama kali menuju goa bawah tanah ini.

Pesona Keindahan Goa Tanding

Goa Tanding aliran sungainya sama dengan Goa Pindul. Bedanya, Goa Tanding hanya mempunyai satu pintu, wisatawan keluar masuk dalam pintu yang sama. Sementara Goa Pindul ada pintu keluar yang berbeda. Masuk Goa tanding tidak menggunakan ban seperti Goa Pindul, tetapi menggunakan perahu karet, satu  perahu  memuat 7 orang dengan pemandunya. Wisatawan yang masuk terbatas. Tampilannya agak berbeda dengan Goa Pindul, ada gerbang masuk dibuat lorong yang indah untuk foto selfi. Stalakmit dan stalaktit dalam goa berkilau keemasan, indah dan alami.

Situasi di dalam goa stalagmit dan stalagtit menjadi hiasan yang begitu menakjubkan ketika kita berada di Goa Tanding ini namun yang masih disayangkan di dalam Goa belum ada penerangan khusus jadi masih sangat gelap karena kita hanya mengandalkan lampu senter saja. Batuan yang kuning keemasan sangat berkilau ini akan menemani kita sepanjang kita menyusuri Goa Tanding ini menggunakan perahu karet yang berisi 6 orang wisatawan.

Karena memiliki lebar 4 hingga 11 meter dengan ketinggian goa mulai dari 3 hingga 15 meter tentu akan semakin memudahkan wisatawan saat berniat menyusuri keindahan Goa Tanding. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 250.000 saja, Anda dapat menikmati keindahan goa baru ini lengkap dengan berbagai keperluan penunjang susur goa seperti safety pack, perahu karet, pemandu hingga makanan ringan dan tempat istirahat berupa gazebo.

 

Artikel terkait Goa Tanding Asal Mula Dan Pesona Keindahannya