lklan-728x90
Menu

Goa Gebyok Yang Eksotik, Unik, Dan Menarik Di Gunungkidul

Kawasan Gunung Kidul mempunyai berbagai tujuan wisata yang menarik seperti pantai, air terjun dan goa. Kebanyakan goa di sini merupakan jalur air bawah tanah. Bentuknya bermaca-macam, vertikal maupun horisontal. Wisata eksplorasi goa yang paling disukai pelancong adalah goa Pindul yang selalu dipenuhi pengunjung.

Selain goa pindul, di Gunung Kidul aktivitas susur gua bisa dilakukan di goa Gebyok. Bagi Anda yang menyukai tantangan serta petualangan bisa mencoba kegiatan ekstrem ini. Lokasi goa tidak jauh dari pantai Siung yang berada di Kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

Goa Gebyok Yang Eksotik, Unik, Dan Menarik Di Gunungkidul

Wisata Unik Goa Gebyok

Gunung kidul kembali membuka wisata adventure cave nya, yaitu Goa Gebyok. Goa Gebyok letaknya dekat dengan pantai siung, yaitu di kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai goa ini tidak sama dengan goa lain yang sudah terkenal di sana, tapi kita harus tracking dulu untuk mencapai lokasi. Goa gebyok ini merupakan goa semi vertikal,yang terdiri dari 5 tebing. tebing pertama memiliki ketinggian 3m, kedua 5m, ketiga 7m, keempat 8m, kelima ketinggian mencapai 20m. Untuk memasuki tiap ruang di Goa Gebyok kita harus rapling atau canyoning.

Sesampainya di mulut goa Anda akan melihat bentuk goa yang semi vertikal. Terdiri dari 5 susun tebing dengan kemiringan 60 derajat sepanjang 60 meter. Kemudian berturut-turut 5 meter, 7 meter, 8 meter dan 20 meter. Jika berada di dasar goa tanpa lampu, kita akan merasakan kegelapan.

Adapun ornamen yang terdapat dalam goa ini sangat lengkap, dibanding dengan goa-goa yang ada disekitarnya, seperti di Goa Senen, Cekelan, Peleleyan. Didalam Goa ini ornament yang dapat kita lihat mulai dari Column, Gours, Pearl (Mutiara), Rimestone, Flowstone, Soda Straw, Bacon, Pop Corn, gourdam, Caulliflower, helektit, stalaktit, stalakmit, gorden, dan masih banyak lagi yang dapat kita jumpai. Tidak luput didalam Goa Gebyok kita akan melihat beberapa air terjun, dimana kita bisa merasakan pijatan refleksi dengan aliran air yang jatuh tersebut. Tidak lupa masih banyak binatang-binatang goa yang unik di dalam sana, bahkan tak jarang anda menemui seekor belut di dalam aliran sungai di salah satu sudut goa. Begitulah keistimewan ornamen dan keaneka ragaman hayati yang dimiliki oleh Goa Gebyok ini.

Aroma kelelawar serta suara gemericik air yang menetes terdengar sangat jelas. Setelah melewati mulut goa, kita akan dihadapkan pada jalur horisontal. Ketinggian dinding goa yang bervariasi membuat pengunjung harus merangkak dan berenang dalam air maupun lumpur. Rasa penat Anda akan terbayar karena keindahan goa ini sangat mempesona.

Karena pintu keluar goa berupa lubang dengan diameter 60 cm maka Anda harus mewaspadainya. Sebaiknya aktivitas susur gua didampingi pemandu atau orang berpengalaman. Goa Gebyok  adalah goa yang sangat sensasional dan sayang untuk dilewatkan oleh para petualang yang senang akan tantangan alam.  Untuk dapat melakukan explorasi goa yang akan memberikan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah anda lupakan segera kunjungi dan rasakan serunya berpetualang di Gua Gebyok Gunungkidul.

Rute Menuju Goa Gebyok

Untuk menuju ke lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum sangat jarang sekali. Anda bisa menggunakan Pantai Siung sebagai basecamp sebelum memulai caving goa. Selain pantai Siung lokasi terdekat yang dapat Anda kunjungi diantaranya Air Terjun Pantai Jogan atau Pantai Wediombo.

Demikianlah informasi mengenai eksotis, unik, dan menariknya Goa Gebyok yang ada di Tepus Gunungkidul. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda pecinta susur goa dimanapun berada.

 

Artikel terkait Goa Gebyok Yang Eksotik, Unik, Dan Menarik Di Gunungkidul