Menu

Gedangsari Ikuti Festival Kethoprak Gunungkidul 2015

Gedangsari Kirimkan delagasi dalam festival ketoprak 2015. Festival Kethoprak Gunungkidul ini mulai diselenggarakan pada tanggal 19 sampai 24 Oktober 2015 di Gedung Kesenian Wonosari. Festival ketoprak ini dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreativitas pelaku seni di masyarakat, khususnya ketoprak.

Gedangsari Ikuti Festival Kethoprak Gunungkidul 2015

Festival Kethoprak Gunungkidul 2015 ini di gelar selama seminggu dan diikuti oleh 24 paguyuban kethoprak dari 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul. Sehingga pada setiap malam dipentaskan 3 peserta kelompok ketoprak dari masing-masing kecamatan se kab. gunungkidul. Selain itu para pemain kethoprak adalah para pemuda dan usia paling tua dalah 40 tahun.

Hadiah Menarik Bagi Pemenang

Hadiah Menarik Bagi Pemenang

Festival Kethoprak Gunungkidul 2015 ini menawarkan hadiah menarik bagi paguyuban kethoprak yang menang. Seperti yang disampaikan pada sambutan panitia, menyampikan bahwa dalam festival tersebut akan diberikan hadiah sebesar 20 juta bagi pemenang 1, pemenang ke 2 sebesar 17 juta, pemenangke 3 sebesar 15 juta dan pemenang ke 4 juga mendapatkan hadiah uang pembinaan. Hadiah tersebut termasuk trofi bergilir dan piagam penghargaan. Pemenang juga diambil dari pemain terbaik, penulis skenario terbaik, sutradara terbaik.

Gedangsari Kirimkan Delegasi Kethoprak1

Acara dibuka secara resmi oleh bupati gunungkidul yag diwakili oleh Tomy Harahap selaku pejabat yang berwenang. Para peserta festival Kethoprak Gunungkidul ini di beri kesempatan waktu untuk menampilkan kethoprak dari paguyuban masing masing selama 50 sampai 60 menit. Dewan juri pada festival kethoprak Gunungkidul ini adalah para seniman kethoprak profesional.

Gedangsari Kirimkan Delegasi Kethoprak

Pada pembukaan perdana festival kethoprak ini dipentaskan dari kelompok Ketoprak kecamatan Purwosari, kecamatan Gedangsari dan Playen.
Gedangsari Kirimkan Delegasi Kethoprak
Dalam acara festivifal ketoprak ini, wakil dari kecamatan gedangsari mengirimkan delegasi ketoprak yang dipimpin oleh Bpk Suharjo Cokro sekaligus sebagai sutradaranya. Lakon yang dibawakan lebih ke model “kalimput” yang lebih mengarah ke model “carangan”. Pentas kedua di malam perdana itu, diperankan apik oleh wakil dari gedangsari selama durasa 53 menit.

Untuk Melihat Video Cuplikan Kethopraknya bisa anda lihat di sini:

Artikel terkait Gedangsari Ikuti Festival Kethoprak Gunungkidul 2015

Archives