lklan-728x90
Menu

Gapoktan Desa Hargomulyo Mengadakan Rapat Akhir Tahun

19/12/2015 | Pertanian

Kelompok tani mempunyai peran yang strategis dalam berbagai kegiatan pertanian baik yang berkaitan dengan usaha tani maupun kegiatan sosial ekonomi petani. Peningkatan pembinaan kelompok tani diarahkan pada penerapan sistem agribisnis, peningkatan peranan, peran serta petani dan anggota masyarakat pedesaan lainnya denganmenumbuhkembangkan kerja sama antar petani dan pihak lain yang terkait untuk mengembangkan usaha taninya.

20151219_095140

Pengembangan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan setiap kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya. Keberadaan Gapoktan merupakan jawaban atas berbagai peluang dan hambatan sesuai dengan lingkungan sosial, ekonomi, dan teknis membutuhkan suatu organisasi yang lebih besar dengan bergabungnya kelompok tani dalam satu wilayah (desa).

Pembentukan Gapoktan Desa Hargomulyo

Pembentukan Gapoktan dilakukan dalam suatu musyawarah oleh kelompok tani bahwamereka akan bergabung dalam gapoktan. Kontak tani mewakili kelompok tani untuk bermusyawarah dengan kelompok tani lain dalam satu wilayah untuk pembentukan gapoktan. Musyawarah ini juga membahas bentuk organisasi, pembentukan pengurus,masa bakti pengurus, hak dan kewajiban anggota dan hal-hal lain yang berkaitan dengan gapoktan

Kelompok tani yang kuat dan mandiri didirikan dengan adanya pertemuan rutin anggota pengurus yang dilaksanakan Gapoktan, rencana kegiatan yang disusun bersama, pelaksanaan rencana kegiatan, evaluasi kegiatan, adanya norma-norma tertulis yang ditaati bersama, administrasi gapoktan, fasilitasi kegiatan usaha bersama di hulu dan hilir, sebagai sumber dan pelayanan informasi dan teknologi bagi kelompok anggota, kerjasama gapoktan dengan pihak lain, serta pemupukan modal dari iuran anggota atau penyisihan dari hasil usaha gapoktan.

Gapoktan Desa Hargomulyo

Gapoktan desa Hargomulyo yang terdiri dari empat belas kelompok tani dari masing masing dusun yang ada di desa hargomulyo. gapoktan desa Hargomulyo yang di pimpin oleh Bapak Sukiyono mengadakan rapat agota akhir tahun di kantor BKM desa Hargomulyo. adapan agenda rapat adalah membahas tentang anggaran kelompok tani desa hargomulyo untk tahun 2016 dan membahas tentang perkembangan pertanian dan perternakan di desa Hargomulyo.

Artikel terkait Gapoktan Desa Hargomulyo Mengadakan Rapat Akhir Tahun