lklan-728x90
Menu

Di Gedangsari Tanaman Jagung Sudah Mulai Di Panen

27/01/2016 | Pertanian

Tanaman Jagung di wilayah Kecamatan Gedangsari bukalah sebuah tanaman yang pokok ditanam di lahan pertanian para petani. Namun jagung hanya di tanam sebagai sampingan saja. Seperti ditanam disela-sela tanaman padi yang memiliki kandungan air yang rendah, disela-sela kacang tanah biasanya juga ditanami jagung.

tanaman jagung

Tanaman jagung di wilayah Kecamatan Gedangsri jarang sekali untuk dijual karena hasil panennya cuma sedikit  lahan pertaniannya lebih di utamakan untuk tanaman padi. Berbeda dengan daerah Gunungkidul di bagian selatan yang memang wilayahnya cocok untuk ditanami tanaman jagung hasilnya pun melimpah. Seperti halnya di daerah Tanjungsari, Rongkop dan Tepus.

Tanaman jagung di Kecamatan Gedangasari cukup untuk dimakan sendiri. Direbus ketika waktu muda dan pohon jagung digunakan untuk pakan ternak sapi maupun kambing. Selain direbus ketika masih muda jagung dikeringkan dan digoreng sebagai pelengkap ketika kita minum teh. Saat ini jarang sekali yang memanfaatkan jagung diolah menjadi nasi jagung.

Pada musim penghujan saat ini tanaman jagung di Kecamatan Gedangsari sudah mulai dipanen karena sudah cukup umur. Hasil panen jagung tidak semua berupa jagung tua/matang fisiologis, tergantung dari tujuan panen. Seperti pada tanaman padi, tingkat kemasakan buah jagung juga dapat dibedakan dalam 4 tingkat: masak susu, masak lunak, masak tua dan masak kering/ masak mati.

Ciri Jagung Yang Siap Dipanen Adalah

a) Umur panen adalah 86-96 hari setelah tanam.
b) Jagung siap dipanen dengan tongkol atau kelobot mulai mengering yang ditandai dengan adanya lapisan     hitam pada biji bagian lembaga.
c) Biji kering, keras, dan mengkilat, apabila ditekan tidak membekas.

Jagung untuk sayur (jagung muda, baby corn) dipanen sebelum bijinya terisi penuh. Saat itu diameter tongkol baru mencapai 1-2 cm. Jagung untuk direbus dan dibakar, dipanen ketika matang susu. Tanda-tandanya kelobot masih berwarna hijau, dan bila biji dipijit tidak terlalu keras serta akan mengeluarkan cairan putih. Jagung untuk makanan pokok (beras jagung), pakan ternak, benih, tepung dan berbagai keperluan lainnya dipanen jika sudah matang fisiologis. Tanda-tandanya: sebagian besar daun dan kelobot telah menguning. Apabila bijinya dilepaskan akan ada warna coklat kehitaman pada tangkainya (tempat menempelnya biji pada tongkol). Bila biji dipijit dengan kuku, tidak meninggalkan bekas.

 

Artikel terkait Di Gedangsari Tanaman Jagung Sudah Mulai Di Panen