lklan-728x90
Menu

Destinasi Wisata Air Terjun Kembang Soka, Girimulyo, Kulon Progo

Kembang Soka, nama sebuah air terjun yang dijuluki salah satu air terjun terindah di Jogja ini. Dinamakan demikian karena air terjun ini berasal dari mata air yang bernama Kembang Soka, dimana dulunya terdapat pohon Kembang Soka yang ukurannya cukup besar yang airnya selalu mengalir sepanjang tahun.

Air terjun Kembang Soka ini terletak di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena airnya memiliki dua warna, yaitu warna putih dan hijau toska. Tak hanya airnya saja, bebatuan di sekitar air terjun ini pun memiliki dua warna berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning dan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah.

Destinasi Wisata Air Terjun Kembang Soka, Girimulyo, Kulon Progo

Rute Menuju Air Terjun Kembang Soka

Tak sulit untuk bisa sampai ke air terjun ini karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke sana. Cara menuju ke sana: dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ring Road Barat – Jl. Godean – Pasar Godean – perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri – Dusun Banyunganti – Dusun Gunung Kelir – Air Terjun Kembang Soka.

Pesona Air Terjun Kembang Soka

Menyelusuri dan menikmati tingkat demi tingkat hingga berakhir di tingkat paling atas. di atas tingkat paling atas ini terdapat dua mata air yang menjadi sumber airnya Kembang Soka. Mata Air pertama yaitu Mata Air Jaran dan yang kedua masih agak ke atas mengikuti jalan setapak yang tersedia yaitu Mata Air Kembang Soka yang menjadi asal muasal nama Air Terjun Kembang Soka. Dahulunya terdapat pohon Kembang Soka yang lumayan besar, namun seiring berjalannya waktu pohon tersebut mati. Kedua sumber air ini airnya sangat terjaga, keluar dari dalam tanah cukup deras. Saya pun mencoba meminumnya dan membawa air tersebut dalam botol kosong yang saya bawa untuk bekal penjelajahan Kulonprogo sehabis dari Kembang Soka.

Fasilitas yang ada di Kembang Soka lengkap dan cukup baik, terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua, terdapat pula juga kamar ganti yang bisa digunakan pengunjung. Saat mulai lapar pun tak perlu khawatir, ada beberapa penjaja makanan-minuman di sini, dan penataan lapaknya lumayan rapi. Terdapat pula tempat pembuangan sampah yang letaknya strategis, dengan harapan wisatawan bisa membuang sampahnya di tempat tersebut. Saya salut pada pihak pengelola yang ternyata secara teratur dan tanpa disuruh melakukan pembersihan kawasan wisata air terjun Kembang Soka agar kawasan wisata selalu bersih dan nyaman dikunjungi kita, para wisatawan. Kita sebagai Wisatawan harusnya juga membantu mereka, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Artikel terkait Destinasi Wisata Air Terjun Kembang Soka, Girimulyo, Kulon Progo