lklan-728x90
Menu

Desa Wisata Telaga Namberan Paliyan Magnet Baru Wisata Gunungkidul

Beberapa saat yang lalu Bupati Gunungkidul telah meresmikan salah satu Desa Wisata yang ada di Paliyan Gunungkidul yakni Desa Wisata Telaga Namberan. Pengembangan kawasan wisata baru terus dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul. Selama ini, pariwisata Gunungkidul hanya berpusat di pantai selatan dan kawasan Gua Pindul saja. Dengan adanya pengembangan di wilayah lainnya, diharapkan semakin banyak pilihan yang didapat wisatawan bilamana berkunjung ke Gunungkidul.

Telaga Namberan yang berada di dusun Karangasem Paliyan ini merupakan salah satu telaga yang ada di Gunungkidul di antara ratusan telaga yang ada. Telaga Namberan tersebut berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Paliyan dengan Saptosari dan Panggang.Telaga yang dikelilingi dengan pohon beringin yang sangat besar di sebelah Timurnya serta hutan jati di bagian Selatannya ini dulunya merupakan tempat mencukupi kebutuhan air bagi penduduk Trowono.

Desa Wisata Telaga Namberan Paliyan Magnet Baru Wisata Gunungkidul

Pengembangan Desa Wisata Telaga Namberan

Sejak Tahun 2000, oleh karang taruna setempat, telaga tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan. Pada tahun 2011 pengelolaan usaha pemancingan ditangani okeh kelompok perikanan di wilayah itu.

Warga senantiasa menjaga keseimbangan ekosistem, terutama keberadaan pohon-pohon besar agar telaga tetap terjaga. “Beberapa tahun yang lalu ada penanaman dua pohon baru di sebelah utara telaga, sehingga sekarang terdapat sekitar 10 pohon seperti Pohon Bulu, Ipik dan Bibis.

Di dalam upaya mejaga lingkungan, masyarakat masih melakukan tradisi kenduri warisan nenek moyang. Prosesi dilaksanakan di pinggir telaga setiap tahun sekali menjelang musim penghujan tiap hari pasaran Rabu Pon. Sumarwanto menjelaskan, makna tradisi kenduri atau sedekah telaga sebagi wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas manfaat yang diberikan melalui telaga sekaligus memohon agar telaga tetap terjaga dan lestari.

Peresmian Desa Wisata Telaga Namberan

Setelah beberapa waktu meresmikan Taman Wisata Kuliner yang berlokasi di komplek Pemkab Gunungkidul, kali ini giliran obyek wisata Telaga Namberan yang terletak di Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan secara resmi dibuka. Tak tanggung-tanggung, telaga buatan ini diresmikan oleh Bupati Gunungkidul, Badingah pada Jumat 3 Juni 2016 kemarin.

Meskipun telaga Namberan ini termasuk ke dalam telaga buatan,namun hal ini tidak akan mengurangi keindahan dari Telaga Namberan. Dengan luas 600 meter persegi, telaga ini menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Selain deburan air yang menghanyutkan, tampilan telaga semakin ciamik dengan adanya tiga pohon Beringin besar yang tumbuh di seputaran telaga. Paduan keteduhan serta air ini tentunya memberikan sensasi yang cukup berbeda.Ke depan,rencananya telaga ini akan dilengkapi dengan fasilitas permainan untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Telaga Namberan memang memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkembang sebagai salah satu destinasi wisata baru di Gunungkidul. Hal ini dikarenakan secara letak dan lokasi telaga ini berada tak jauh dari JJLS yang merupakan salah satu jalur utama untuk menuju ke kawasan wisata pantai selatan. Telaga Namberan ini juga tidak jauh dari pusat kota Wonosari. Hal ini membuat telaga bisa dijadikan salah satu objek wisata alternatif untuk para wisatawan yang ingin merasakan suasanayang berbeda dalamberlibur di Gunungkidul.

Dalam sambutannya, Bupati menjanjikan akan terus memberikan fasilitas pendukung ke Telaga Namberan. Salah satu yang terucap adalah wahana permainan flying fox. Menurut Bupati, adanya wahana permainan semacam ini akan menarik para wisatawan baik dari dalam Gunungkidul maupun luar Gunungkidul.

Nah, anda ingin berkunjung ke Telaga Namberan? Di sini anda akan merasakan sensasi baru tempat wisata yang tak kalah indah dengan objek wisata lain di Gunungkidul.

 

Artikel terkait Desa Wisata Telaga Namberan Paliyan Magnet Baru Wisata Gunungkidul