lklan-728x90
Menu

Ada Kampung Teletubbies di Desa Wisata Rumah Dome Sleman

Yogyakarta tak pernah habis menghadirkan destinasi wisata yang unik dan menarik. Salah satunya adalah perkampungan yang mana rumah-rumah penduduknya mirip sekali dengan rumah teletubbies. Komplek perumahan ini sering dikenal dengan nama desa wisata rumah dome. Tetapi banyak juga yang menyebutnya sebagai kampung teletubbies, sebab bangunannya berbentuk seperti kubah atau dome.

Keberadaan desa wisata rumah dome ini tentu saja bukan tanpa sebab. Rumah ini mulanya dibangun sebagai tempat tinggal warga setelah terjadi gempa besar yang sempat melanda yogyakarta 2006 lalu. Rumah dome ini arsitekturnya dirancang tahan gempa dan juga tahan api. sehingga sejak saat itu warga mulai meninggal tinggal dalam rumah dome ini.

Channelbunda.com

Daya Tarik Desa Wisata Rumah Dome

Satu hal yang menjadikan desa wisata ini unik adalah bentuk rumahnya. Ini Membuat kampung teletubbies ini menjadi ramai dikunjungi para wisatawan. Umumnya wisatawan penasaran mengenai isi dari rumah dome itu. Walaupun bentuknya kecil ternyata di dalam rumah tersebut terdapat beberapa ruang. Bahkan bisa juga terbagi dalam dua lantai. Ketika panas terik, maka di dalam rumah dome akan terasa dingin. Sementara ketika hujan penghuninya akan merasa hangat.

Ada berbagai macam fasilitas umum di kampung ini seperti poliklinik, mushola dan juga aula pertemuan warga yang bentuknya juga dome. Ukurannya tentu lebih besar, sementara ketika hari minggu atau hari libur ada atraksi badut teletubbies. Sehingga para wisatawan yang berkunjung dapat berfoto bersama dengan mereka.

Kampung Teletubbies Penuh Warna

Agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata ini, rumah dome yang mulanya hanya dicat putih sekarang menjadi berwarna-warni. Warga sekitar mempunyai inisiatif mengecat serta menggambar rumah dome mereka. Sehingga tampak memiliki warna dan terkesan ceria.

Warna-warni kampung teletubbies ditambah dengan atraksi badut teletubbies. Akan semakin membuat kesan rumah desa wisata rumah dome ini semakin menyuguhkan ciri khas dengan kampung teletubbies.

Fasilitas dan Wahana Permainan

Ketika para wisatawan berkunjung ke desa wisata rumah dome ini, maka anda bisa menikmati berbagai macam wahana yang disediakan di sana. Seperti papan seluncur, ayunan, kereta mini dan lain sebagainya. Sementara untuk berbagai macam fasilitas umum yang tersedia di tempat ini. Diantaranya adalah toilet area parkir, gazebo, tempat makan dan lain sebagainya.

Lokasi Rumah Dome Kampung Teletubbies

Jika anda penasaran dimana letak kompleks kampung teletubbies ini, sebenarnya lokasinya tidak jauh dari tempat wisata Istana Ratu Boko. Untuk bisa menuju ke desa wisata ini, anda dapat menyusuri jalan raya Prambanan- Piyungan. Jika sudah melewati kompleks Istana Ratu Boko, maka anda bisa melihat petunjuk di kiri jalan yang mengarahkan anda ke kampung teletubbies.

Rute Menuju Kampung Teletubbies

Lokasi wisata yang bernama kampung Teletubbies ini sebenarnya berada di wilayah jalur utama penghubung antara Prambanan dan Piyungan. Rute yang dapat dilalui ada dua jalur yakni jalan Solo dan jalan Wonosari. Jika anda memilih jalan Wonosari anda akan menuju Prambanan. Sebelum tiba di tanjakan Piyungan-Patuk, ambil arah kiri menuju Prambanan. Nanti anda akan menemukan papan petunjuk ke kanan menuju rumah dome.

Jika anda lewat jalan Solo, ambil arah Prambanan. Sesampai di pertigaan Prambanan, ambil arah kanan ke Piyungan anda akan menemukan papan petunjuk di sebelah kiri menuju lokasi kampung Teletubbies.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki desa wisata rumah dome ini, anda akan dikenakan tiket sebesar Rp5.000 per orang. Jika anda ingin menginap di sana maka biayanya Rp120.000 per malam.

Artikel terkait Ada Kampung Teletubbies di Desa Wisata Rumah Dome Sleman