lklan-728x90
Menu

Desa Wisata Garotan Bendung, Gunungkidul Dengan Teknik Cor Logamnya

Desa Wisata Garotan Bendung, Gunungkidul Dengan Teknik Cor Logamnya

Gedangsari.com – Berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, kita tak hanya dapat menikmati lukisan alam berupa pantai pasir putih yang terhampar dari pantai Kukup, Krakal, Sundak dan sekitarnya. Berkunjung ke Gunungkidul, kita juga tak hanya menikmati kuliner khas Gunungkidul berupa belalang goreng dan gatot tiwul. di luar itu semua, ternyata Kabupaten Gungungkidul juga menyimpan satu potensi wisata lainnya  yaitu desa wisata. Salah satunya Desa Wisata Garotan Bendung, Gunungkidul Dengan Teknik Cor Logamnya

Setidakanya terdapat empat desa wisata di Kabupaten Gunungkidul, seperti Desa wisata Bobung, Dusun Garotan Bendung, Dusun Mojo, dan Desa Wonosadi. Keempat desa wisata ini menawarkan kekhasan masing-masing.

Desa wisata Garotan Bendung merupakan satu diantara kekempat desa wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul yang menawarkan kerajinan berbahan baku besi dengan teknik cor logam. Desa wisata ini telah terkenal sebagai produsen lampu antik bergaya kolonial yang sangat indah, serta berbagai furnitur lain seperti kursi taman, ornamen, dan barang kerajinan lain dengan teknik cor logam dan mempunyai kualitas produksi yang sangat baik (pengerjaannya halus).

Hampir setiap rumah di desa ini menjadi produsen kerajinan berbahan baku besi tersebut. Potensi para penduduk desa akhirnya menggugah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mengembangkan Dusun Garotan yang secara administratif masuk wilayah Desa Bendung menjadi desa wisata. Pada 2001, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul akhirnya menetapkan Dusun Garotan menjadi desa wisata dengan cirikhas sebagai desa pengrajin dengan bahan baku besi berteknik cor logam.

Artikel terkait Desa Wisata Garotan Bendung, Gunungkidul Dengan Teknik Cor Logamnya