lklan-728x90
Menu

Desa Wisata Budaya Brayut Sleman yang Edukatif dan Seru

Tak hanya wisata alam seperti pantai dan bukit saja, Jogja juga memiliki wisata budaya dengan mengusung konsep desa wisata. Sebut saja Desa Wisata Budaya Brayut Sleman. Wisata ini melengkapi destinasi desa wisata yang sudah ada di Jogja, seperti Desa Wisata Tembi dan Desa Wisata Gamplong. Sama halnya wisata lainnya, desa wisata yang satu ini menyimpan daya tarik dan keunikan tersendiri yang pastinya sangat sayang jika dilewatkan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja info lengkap mengenai Desa Wisata Brayut berikut ini.

Desa Wisata Budaya Brayut Sleman

Saat berkunjung ke Desa Wisata Budaya Brayut Sleman, anda bisa bermain di persawahan yang pastinya tak bisa anda rasakan di tempat lain. Anda bisa melepas penat sekaligus belajar menghargai kerja keras. Bahkan anda juga bisa menciptakan karpet padi di sini. Anda bisa membajak sawah dengan bajak yang ditarik kerbau hingga menanam padi sembari bermain lumpur. Dijamin suasana liburan anda akan terasa sangat menyenangkan.

Di desa wisata ini, anda tidak hanya bisa belajar mengenai bagaimana bertani, akan tetapi juga bisa belajar memelihara ikan, memainkan gamelan, memasak makanan tradisional, dan berlatih menari dengan tarian tradisional khas desa ini. Lebih dari itu, anda juga bisa membuat kerajinan dan melihat panorama sunset yang mengagumkan.

Sebelum pulang, anda bisa mencari cinderamata yang memang banyak tersedia di desa wisata ini. Pengelola sudah menyediakan banyak cinderamata. Adapun cinderamata tersebut mulai dari hiasan dinding hingga perabotan rumah tangga kuno. Ada juga alat permainan masa lalu seperti halnya congklak.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Desa Wisata Brayut sudah cukup lengkap dan memadai. Adapun fasilitas tersebut meliputi:

  • Homestay
  • Masjid
  • Ruang pertemuan berbentuk rumah joglo
  • Sanggar tari
  • Sanggar membatik
  • Toko cinderamata

Untuk fasilitas homestay atau penginapan, anda bisa mendapatkan penginapan dalam berbagai bentuk yang unik. Mulai bentuk penginapan yang paling sederhana hingga penginapan yang mewah. Yang jelas, semua bisa memberikan kenyamanan untuk anda yang ada di sana.

Lokasi dan Rute

Desa Wisata Brayut bisa anda temukan di Jln. Palagan-Brayut, Dusun Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalan menuju Brayut bisa dijangkau secara mudah dengan menggunakan kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini dikarenakan kondisi jalan menuju lokasi sudah cukup baik. Pasalnya, dikelola oleh penduduk sekitar Desa Wisata Brayut.

Mengenai rutenya, ada beberapa jalan menuju Desa Wisata Brayat yang bisa anda pilih. Berikut pilihan rutenya.

  1. Dari Bandara Adisucipto keluar melalui pintu bawah tanah – naik bus trans jogja turun di terminal Jombor – naik bus Jogja – Tempel terus turun di Pasar Sleman – naik jalur D4 (Rp. 3000)
  2. Dari terminal Jombor – naik bus Jogja- Tempel – turun di Pasar Sleman – naik jalur D4 (Rp. 3000)
  3. Dari terminal Giwangan – naik bus Jogja- Tempel – turun di Pasar Sleman – naik jalur D4 (Rp. 3000)
  4. Dari stasiun Tugu keluar melalui pintu depan – naik bus trans jogja turun di terminal Jombor – naik bus Jogja – Tempel terus turun di Pasar Sleman – naik jalur D4 (Rp. 3000)
  5. Dari Stasiun Lempuyangan – naik bus trans jogja turun di terminal Jombor – naik bus Jogja – Tempel terus turun di Pasar Sleman – naik jalur D4 (Rp. 3000)

Anda bisa memilih rute perjalanan menuju Desa Wisata Budaya Brayut Sleman sesuai dengan lokasi terdekat anda.

Artikel terkait Desa Wisata Budaya Brayut Sleman yang Edukatif dan Seru

loading...