lklan-728x90
Menu

Keindahan Alam Wisata Danau Biru Sawahlunto Sumatra

Seperti wilayah yang ada di Indonesia yang begitu indah, Sumatera Barat mempunyai keindahan serta keunikan tersendiri. Oleh sebab itu ada banyak sekali tempat wisata menarik yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya,  provinsi ini berada di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah. Serta sejumlah pulau di lepas pantainya seperti pada Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi yang mempunyai wilayah dengan luas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan 4 provinsi. Yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, serta Bengkulu. Sumatera Barat terdapat penduduk dengan banyak 4.846.909 jiwa dan mayoritas beretnis Minangkabau. Dan penduduknya seluruhnya beragama Islam. Provinsi ini terdapat 12 kabupaten serta 7 kota dengan pembagian wilayah administratif. Setelah kecamatan di seluruh kabupaten kecuali kabupaten dari Kepulauan Mentawai diberi nama nagari.

keindahan-alam-wisata-danau-biru-sawahlunto-sumatra

Sumatera Barat ada salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan sumber keanekaragaman hayatinya. Sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan tropis alami dan juga dilindungi. Berbagai spesies langka masih bisa ditemui, antara lain Rafflesia arnoldii yaitu bunga terbesar di dunia, harimau sumatera, siamang, tapir, beruang, rusa, serta bermacam macam jenis burung serta jenis kupu-kupu. Ada dua Taman Nasional di provinsi ini,  antara lain Taman Nasional Siberut yang terdapat di pulau Siberut atau Kabupaten Kepulauan Mentawai serta Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman nasional yang akhir ini areanya membentang di 4 provinsi.  Antaranya adalah Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, serta Sumatera Selatan. Selain kedua Taman Nasional itu, ada juga beberapa cagar alam yang lainnya. Yakni Cagar Alam Rimbo Panti, Cagar Alam Lembah Anai, Cagar Alam Batang Palupuh. Ada juga Cagar Alam Air Putih di daerah Kelok Sembilan, Cagar Alam Lembah Harau, Cagar Alam Beringin Sakti serta Taman Raya Bung Hatta.

Wisata Sumatra Barat

Perairan pantai barat serta Kepulauan Mentawai mempunyai banyak kehidupan laut yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Nelayan bisa menangkap beragam jenis ikan di kawasan ini. Ikan kerapu, rumput laut, udang, kepiting, serta mutiara adalah beberapa hasil perikanan laut yang menjadi andalan. Daerah pesisir pantai, khususnya kawasan kepulauan, memberikan hasil banyak kepala. Pada daerah perbukitan serta pegunungan ada perkebunan karet, cengkeh, serta lada. Kawasan pegunungan yang ditutupi hutan sebagai penghasil kayu. Medan yang berat sebab banyaknya lereng perbukitan yang curam menjadi tantangan utama pengembangan sektor pertanian serta perkebunan pada daerah ini.

Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota di Sumatra Barat. Secara geografis kota ini diiapit oleh 3 kabupaten antara lain kabupaten Solok, Tanah Datar serta Sijunjung. Dan Waktu masa penjajahan belanda, kota ini populer dengan kota tambang batu bara. Dengan mempunyai budaya serta arsitektur bangunan kuno waktu dulu, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang berkunjung di tempat ini. Nah, apalagi untuk saat ini pemerintah di kota ini terus berusaha dalam memperbaiki potemsi potensi obyek wisata kota ini. Ini semua menjadikan kota ini dijadikan sebagai kota wisata yang menarik di Sumatra Barat. Jika anda berkunjung di tempat ini jangan sampai melewatkan kunjungan anda di tempat wisata ini.

Danau Biru Sawahlunto

Tempat Wisata paling populer di Sumatera Barat. Sawahlunto sendiri terkenal dengan salah satu daerah pada Sumatera Barat yang menjadi penghasil batu bara. Nah di Sawahlunto ini saat lagi populer tempat wisata menariknya adalah Danau Biru. Danau biru sawahlunto ini benar benar berwarna biru nyata sehingga terlihat indah sekali. Sebab terlihat sangat indah danau biru ini seolah menjadi surga alam yang baru di Sumatera Barat. Ada kabar jika danau sawahlunto sendiri terbentuk karena bekas area galian dari tambang batubara. Mungkin wisatawan domestik serta mancanegara pastinya ingin tau langkah mencapai letak dari Danau Biru Sawahlunto yang indah ini. Jarak dari pusat kota Sawahlunto sampai ke Danau Biru ini kurang lebih 13 km.

Sebelum sampai Danau Biru, terlebih dahulu wisatawan akan mencapai Taman Satwa Kandi lalu dengan perjalanan melewati tanah bebatuan pada wilayah pertambangan. Disarankan untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Danau Biru memakai motor khusus atau mobil yang tangguh untuk area bebatuan. Sesudah mencapai Taman Satwa Kandi jarak menuju Danau Biru tinggal sekitar 6 kilo meter. Danau biru sawahlunto ini seperti yang kita jelaskan diatas sengaja tidak terbentuk. maka dari itu orang sana menyebutnya “antah dari ma se datang aia nyo yang bermakna entah dari mana datangnya air. Indahnya wisata danau biru ini sangat tepat buat anda yang ingin mengabadikan momen indah dengan kamera anda. Sekarangpun danau biru sawahlunto menjadi sangat populer di Media Sosial. Sehingga begitu banyak wisatawan yang ingin berkunjung langsung menyaksikan keindahan danau biru sawahlunto.

Keindahan Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru Sawahlunto menyuguhkan pemandangan yang begitu unik. Danau yang biru dengan berpadu bersama pepohonan hijau di tebing tebing batu menjadikan tempat ini bagaikan oasis yang ada di tengah gurun. Anda juga akan merasa puas dengan foto-foto cantik yang siap di unggah ke sosmed. Fenomena yang begitu unik sebab hampir semua danau bekas tambang air nya selalu biru atau hijau warnanya yang indah dan terang. Seperti Danau Kaolin di Belitung atau juga Danau Pengaron di Kalimantan Selatan.

Sawahlunto sebelumnya begitu mengandalkan batubara sebagai sumber utama perekonomian masyarakat. Dengan seiring semakin sedikitnya batu bara, bekas bekas pertambangannya pun diubah menjadi objek wisata yang sangat indah dan mempesona. Sebelum sampai di tempat wisata danau dalam perjalanan bebatuan serta terjal pada area ketingian terbuka. Disitu kita akan disapa dengan empat gunung yang berjajar dengan begitu gagahnya. Antara lain yaitu gunung tantikek, gunung singgalang, gunung marapi serta gunung sago dan hamparan bebukitan yang berwarna hijau menyambut kedatangan para pengunjung.

Melestarikan Keindahan Alam

Berbagai macam danau bekas tambang di Indonesia begitu mempesona. Danau-danau tersebut memang sangat indah tapi terkadang menyisakan cerita yang miris. Dimana lahan bekas pertambangan tidak direhabilitasi dan hanya menyisakan tumpukan dari bekas tambang. Pada saat ini banyak sekali bekas tambang yang menjadi objek wisata favorit. untuk itu mari kita jaga baik baik lingkungannya. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, dan jangan menambah buruk keadaannya yang sesungguhnya sudah rusak karena aktifitas tambang. Apa salahnya jika membawa kembali sampah anda yang tidak sampai satu kantong plastik menengah. Serta membuangnya ke tempat sampah yang dapat terjangkau oleh truk sampah.

Ya beginilah cara untuk melestarikan tempat wisata agar tidak tercemar dengan sampah sampah yang dibawa oleh para pengunjung. Jika semua pengunjung mempunyai kesadaran diri untuk membuang sampah pada tempatnya, mungkin tempat wisata ini akan tetap bersih. Demikian ulasan tentang danau biru sawahlunto. Semoga bermanfaat. Baca juga wisata taman nasional gunung halimun salak yang diulas pada kesempatan yang lalu. Semoga bisa menambah referensi anda.

 

Artikel terkait Keindahan Alam Wisata Danau Biru Sawahlunto Sumatra