lklan-728x90
Menu

Curug Sewu Kendal Wisata Alam Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata Curug Sewu adalah air terjun dengan debit air yang paling besar di Jawa Tengah. Curug ini berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, pada Kabupaten Kendal, di Provinsi Jawa Tengah. Dengan Koordinat GPS: 7 5′ 8.64″ S 110 5′ 58.15″ E. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp 3.500 pada tahun 2015. Curug ini menyuguhkan pemandangan alam sekitar yang terkesan begitu indah serta menawan. Pada waktu tertentu, biasanya muncul pelangi dengan berbagai warna yang mempesona diantara curug yang punya 3 tingkatan. Tentu saja, nama curug tersebut tidak ada kaitannya dengan ketinggiannya. karena, jika diartikan ke Bahasa Indonesia, Curug Sewu diartikan sebagai air terjun seribu. Hingga, dengan nama tersebut bisa diartikan jadi seribu air terjun yang berada di satu tempat yang sama.

Tapi, ternyata bukanlah itu makna nama Curug Sewu yang ada di air terjun tersebut. Karena, nama Curug Sewu kendal diambil dari nama desa lokasi air terjun tersebut berada, yaitu di desa Curugsewu. Saat memasuki lokasi air terjun atau Curug Sewu ini wisatawan disambut dengan patung Prabu Baladewa. Patung itu di depan pintu masuk dan juga ada vespa ukuran raksana di dalamnya. Salah satu keunggulan dari tempat wisata air terjun ini antara lain adalah pemandangannya. Sesudah wisatawan memasuki area kawasan curug, dengan berjalan tidak begitu jauh dan jalan yang relatif datar.

curug-sewu-kendal-wisata-alam-paling-menarik-untuk-dikunjungi

Wisatawan bisa menikmati landscape pemandangan alam yang mempesona serta air terjun di bagian atas dari kawasan. Bila pengunjung ingin menyaksikan dari dekat, anda harus menuruni ratusan anak tangga ke air terjun. Setelah sampai di bawah, pengunjung disuguhi udara sejuk yang bercampur dengan kabut air dari curug. Di curug ini juga ada pelangi di sekitar air terjun. Air terjun Curug sewu kendal terdiri dari tiga tingkatan dengan total tingginya 70 meter. Curug yang utama mempunyai ketinggian 45 meter, serta tingkatan kedua 15 meter dan 20 meter untuk tingkatan ke tiga.

Lokasi Curug Sewu Kendal

Curug Sewu berada di bagian paling Selatan dari Kabupaten Kendal. Tepatnya, wisata ini berada di Desa Curugsewu, pada Kecamatan Patean. Jarak tempuhnya kurang lebih 44 kilometer dari kota Kendal, dengan lebih dahulu melintasi kota Weleri dan juga Sukorejo. Di dalam peta dan juga koordinat GPS, Curug Sewu ini berada di 7° 5’ 8.64” S 110° 5’ 58.15” e. Kota Kendal sendiri sangat mudah untuk dijangkau, sebab berada di jalur utama Pantai Utara Jawa Tengah. Lagi pula, Kendal adalah kota yang menghubungkan antara Kota Pekalongan dengan Kota Semarang. Sehingga, banyak orang yang melewati jalur Pantai Utara bisa dipastikan mengetahui keberadaan kota yang terdapat curug sewu ini. Kota Kendal bisa dijangkau dalam waktu yang relatif tidak lama dari kedua kota tersebut.

Akses Menuju Curug Sewu

Dari Kota Kendal menuju tempat tujuan wisata Curug Sewu bisa ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Apabila berangkat dari arah Temanggung dan Wonosobo, rute untuk sampai ke Curug Sewu bisa ditempuh dengan melintasi Parakan – Ngadirejo – Patean – Curug Sewu. Apabila wisatawan berasal dari dalam wilayah Semarang, untuk sampai ke Curug Sewu bisa melewati akses Mijen – Boja – Singorojo – Patean – Curug Sewu. untuk yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Semarang bisa menaiki bis jurusan Sukorejo, melintasi Mijen, Boja. Seterusnya dari Sukorejo menaiki angkot ataupun ojek menuju Curug Sewu.

Jaraknya kurang lebih 7 km perjalanan. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, untuk sampai ke objek wisata ini bisa menempuhnya dengan menggunakan dua jalan yang utama dari kota Kendal. Apabila dari arah barat, melintasi jalur Weleri – Sukorejo yang terlebih dahulu melintasi kota Cepiring. Sedangkan yang dari arah timur, memakai jalur Boja-Patean. Nah, para pengunjung yang melewati rute lewat Boja akan menikmati pesona alam tersendiri. Sebab sebelum masuk Patean, mereka akan melintasi perkebunan durian. Lainnya kedua jalur tersebut, untuk sampai ke Curug Sewu juga bisa dilewati dengan berkendara dari Temanggung yang bisa menghabiskan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Atau dapat juga dari arah Kebumen melintasi Parakan kemudian langsung ke lokasi.

Keunggulan Curug Sewu

Jalur mana saja yang Anda pilih, perjalanan untuk sampai lokasi wisata Curug Sewu bisa dibilang cukup nyaman. Dikarenakan, kondisi jalanan yang ada pada kedua jalur tersebut telah merupakan jalan beraspal yang mulus. Karena medannya naik-turun dan berbelok-belok. Sesudah memasuki lokasi obyek wisata Air Terjun Curug Sewu, Anda akan disambut dengan keindahan alam serta bisa menikmati udara sejuk. Perjalanan melintasi jalan yang berbelok belok serta naik turun yang sangat melelahkan seakan lunas terbayar saat kaki Anda sudah melewati kawasan wisata Air terjun Curug Sewu. Pemandangan yang sangatlah indah serta suasana yang segar asri serta sejuk khas wilayah dari pegunungan akan bikin mata dan hati Anda seolah menjadi dimanjakan.

Air terjun Curug Sewu mempunyai keistimewaan dan juga keunikan tersendiri jika dibandingkan air terjun yang lainnya. Dari seluruh ketinggian yang hampir 80 meter itu, terdapat 3 titik terjunan air yang tinggi. Untuk masing-masing titik terjunan itu mempunyai ketinggian 45 meter, 15 meter, dan juga 20 meter. Nah, Titik-titik terjunan itulah yang seolah olah membuat Curug Sewu kelihatan berundak-undak. dan pemandangan itu terlihat sangat indah jika dipandang. Apalagi, apabila dilihat pada saat tertentu, dari antara titik terjunan air itulah  muncul pelangi indah yang menyuguhkan paduan aneka ragam warna yang begitu memesona. Ini yang membuat air terjun ini indah dan mirip seperti air terjun Niagara yang ada di Luar negri. Curung ini juga dijuluki sebagai miniatur dari air terjun Niagara.

Menara Pandang Curug Sewu

Yang unik dan menarik dari tempat ini , keindahan air terjun Curug Sewu yang ada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan air laut. Keindahan itu juga dapat kita lihat dari bagian atas dari air terjun. Karena, di sana terdapat gardu pandang yang memang sengaja dibangun supaya bisa melihat alur air Curug Sewu yang mengalir turun dengan keindahannya. Sekaligus juga digunakan untuk menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar kawasan air terjun yang tak kalah menarik mata dijadikan untuk memandangi. Menara pandang inilah yang membuat para wisatawan bisa melihat keindahan alam serta air terjun dengan lebih fokus. Menikmati pemandangan agar lebih menarik dilengkapi dengan pakai teropong.

Dengan adanya menara pandang dan fasilitas teropong itu bisa memberikan variasi pilihan wisata. Dan juga bisa menambah keistimewaan Curug Sewu apabila dibandingkan air terjun yang lainnya. Karena, wisatawan bisa melihat keindahan air terjun dari atas. Bukan hanya sekedar melihat pemandangan dari bawah seperti tempat wisata air terjun di tempat yang lain. Dengan memakai teropong itu, wisatawan juga bisa melihat keindahan air terjun, bentangan pemandangan alam nan hijau. Dan juga melihat bangunan rumah-rumah yang ada di bawahnya dengan sangatlah jelas. Pengunjung bisa melihat kota kendal dari atas. Bahkan kota Semarang pun juga bisa disaksikan keindahannya dari atas. Sungguh indah wisata ini. Di jawa tengah anda juga bisa menikmati indahnya mendaki gunung di jawa tengah.

 

Artikel terkait Curug Sewu Kendal Wisata Alam Paling Menarik Untuk Dikunjungi