lklan-728x90
Menu

Curug Gendang Wisata Alam Paling Menakjubkan Di Banten

Wisata Alam Curug Gendang Banten terletak di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, tepatnya di Kabupaten Pandeglang Banten. Air terjun ini dengan tinggi 7 meter serta luas 10 meter, dan dengan kedalaman 13 meter. Curug ini terletak pada ketinggian 170 meter di atas permukaan air laut. Secara sejarahnya, Curug Gendang ini berasal dari Bahasa Sunda, yaitu “curug” yang artinya air terjun. Dan “gendang” yang maknanya musik tradisional yang dimainkan dengan langkah ditabuh seperti halnya drum dalam musik modern. Akan tetapi, gendang ini ditabuh dengan memakai tangan kosong. Curug gendang ini pada awalnya dinamakan dengan Curug Citajur. Tapi karena suara gemericik airnya seperti gendang, maka masyarakat sekitar kemudian menyebutnya dengan julukan Curug Gendang.

Jarak yang perlu ditempuh guna mencapai Curug Gendang ini ialah sekitar dua kilometer dari Jalan Raya Carita. Pengunjung tidak diperkenankan masuk ke wilayah ini dengan memakai kendaraan. Hingga pengunjung yang datang dengan memakai kendaraan pribadi harus meninggalkannya di sekitar area parkir. Di tempat ini, Anda dapat menikmati dingin dan jernihnya air terjun sesudah terlebih dahulu berjalan kaki pada jalan setapak yang agak sempit dan licin. Jalan di sini juga bisa dibilang lembab sehingga jalan seringkali licin.

Anda yang menyukai jelajah ataupun petualangan tentu akan begitu cocok guna mengunjungi objek wisata alam Curug Gendang Banten ini. Dengan perjalanan yang liku liku, tanjakan yang cukup curam serta turunan yang cukup menukik. Guna sampai pada lokasi menjadikan perjalanan Anda semakin asyik. Selama perjalanan, Anda akan menyaksikan berbagai jenis tanaman liar, pohon durian, serta semua suasana perjalanan. Dan bisa menyejukkan mata serta kesejukan udara yang alami. Selain itu, suara burung serta beberapa binatang juga terdengar mengisi perjalanan Anda.

Keindahan Curug Gendang

Tidak hanya itu, jalan setapak antara pegunungan serta jurang-jurang menuju ke arah Curug Gendang juga menyuguhkan pemandangan lautan yang luas. Dilengkapi dengan hijaunya pepohonan pada kaki Gunung Krakatau yang tampak dari kejauhan. Pengunjung yang senang fotografi tentu akan gemardengan perjalanan seperti ini. Sesudah melalui perjalanan yang cukup berat tapi mengasyikkan itu. Maka pengunjung bisa langsung merendam tubuh yang lelah serta berkeringat di dalam kolam mata air. Di tempat ini juga Anda akan menemukan masyarakat sekitar yang berkunjung serta menyaksikan atraksi mereka turun ke mata air.

Selain berendam ataupun berenang, Anda juga dapat berkemah di wilayah khusus perkemahan. Tarif yang dikenakan untuk tempat ini adalah sebesar 10 ribu rupiah dalam satu malam. Tempat wisata alam Curug Gendang Banten ini juga termasuk tempat yang cukup bersejarah untuk perjuangan. Di waktu penjajahan Belanda sebab menurut masyarakat sekitar, di tempat ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal serta mancanegara. Mereka ingin melihat area persembunyian para pahlawan saat berperang dulu.

Fasilitas Curug Gendang

Sampai di lokasi, gemuruh serta percikan Air Terjun Curug Gendang mulai tampak. Jernihnya air bikin siapapun pengunjung ingin segera menikmatinya dengan cara merendamkan kedua kaki sesudah penat berjalan. Airnya berasa dingin serta menyejukkan. Ingin diteruskan dengan merendam semua tubuh atau mandi? Ada juga anak-anak kampung yang juga mendatangi ke Curug Gendang. Kita akan melihat atraksi gratis dari mereka yaitu terjun bebas serta berenang di bawah Air Terjun. Mereka begitu pandai melakukan itu. Pada sekitar lokasi Air Terjun juga terdapat areal yang sering kali digunakan pengunjung untuk kemah. Dengan hanya membayar Rp.10.000 tiap orang untuk satu malam saja. Untuk mereka yang ingin merasakan petualangan pada alam luar, menginap di lokasi Curug Gendang pantas dicoba.

Artikel terkait Curug Gendang Wisata Alam Paling Menakjubkan Di Banten