lklan-728x90
Menu

Cara Sukses Menanam Tanaman Buah Dalam Pot

21/10/2016 | Pertanian

Tanaman Buah Dalam Pot – Dalam membudidayakan tanaman buah, supaya tanaman buah tersebut didalam pot supaya cepat berbuah maka anda perlu untuk memperhatikan beberapa tips dalam perawatan pada tanaman seperti yang diketahui dalam membudidayakan pada tanaman buah menggunakan media pot untuk saat ini mulai banyak peminatnya. Selain berfungsi memberikan buah yang berasa manis, budidaya tanaman buah dalam pot juga mampu dapat memberikan nilai estetika di pekarangan rumah juga. Namun kerap sering dijumpai ada beberapa jenis tanaman buah dalam pot yang dikembangkan dalam pot hanya untuk menunjukkan kuantitas pertumbuhan daun yang lebat tanpa bertujuan untuk menunjukkan gejala tanaman buah tersebut akan berbuah lebat meski telah ditunggu dalam beberapa waktu yang cukup panjang.

cara-sukses-menanam-tanaman-buah-dalam-pot

Jangankan buah, bunganya pun tidak akan kunjung keliatan pada tanaman yang memiliki banyak penggemar tersebut. Padahal buah pada tabulampot sangtlah menggoda untuk anda dapat ditekuni sebagai peluang bisnis usaha sampingan di rumah anda. Namun kerap dijumpai beberapa jenis tanaman buah dalam pot yang dikembangkan dalam pot hanya untuk menunjukkan kuantitas pertumbuhan daun yang lebat tanpa bertujuan untuk menunjukkan gejala tanaman buah tersebut akan berbuah lebat meski telah ditunggu dalam beberapa waktu yang cukup panjang. Jangankan buah, bunganya pun tidak akan kunjung tampak pada tanaman yang memiliki banyak penggemar tersebut. Padahal buah pada tabulampot sangatlah menggoda untuk anda tekuni sebagai peluang bisnis usaha sampingan di rumah.

Menanam Tanaman Buah Dalam Pot

Dalam penyiraman dengan air diperkenankan jangan sembarangan atau berlebihan, lakukan penyiraman sesuai dengan type buah, contohnya seperti mangga ialah jenis buah yang spesifik. Tanaman buah mangga yang baru saja ditanam didalam pot tidak perlu disiram setiap hari, idealnya sesudah sekian hari, tanaman akan mampu beradaptasi di dalam pot, barulah anda siram secara normal. Hal ini gunanya untuk lebih mempercepat sistem perangsangan pada tanaman supaya mereka mau mengeluarkan bunga. Namun sebagian tanaman yang ditanam di tempat teduh rentan terkena stress air sehingga harus diperhatikan cara penyiraman yakni minimal 1 kali dalam seminggu, tapi jika di tempat yang panas maka lakukan penyiraman minimal 3 hari sekali.

Apabila tanaman berlebihan air, maka bunga akan jrang muncul yang subur justru daunnya saja. Tak hanya menghindari stress air, penyiraman teratur sebaiknya dikerjakan 2 kali dalam 1 hari pada saat musim panas yakni pagi serta sore hari. Pada waktu pagi hari, janganlah menyiram dibagian daun karena dapat mengakibatkan daun mudah menjadi layu akibat sistem fotosintesis terganggu.

Setiap jenis tanaman buah pada dasarnya membutuhkan asupan sinar matahari dalam jumlah memadai karena sinar matahari bermanfaat untuk mempercepat sistem photosintesis didalam tubuhnya. Tetapi perlu diingat bahwa tidak seluruh tanaman senang dan suka dengan cahaya matahari yang terlampau banyak atau berlebihan. Sebagian dari tanaman buah tersebut membutuhkan cahaya matahari dalam porsi yang tepat diantaranya ialah sirsak, kelengkeng, mangga serta ceri. Sedangkan jenis tanaman buah yang mebutuhkan cahaya matahari sedang ialah belimbing serta manggis.

Pemangkasan sangat dibutuhkan oleh tanaman buah dalam pot, untuk prioritas pemangkasan lebih disarankan terhadao daun-daun tua. Dengan pemangkasan yang terencana dengan baik, maka tabulampot dapat tumbuh lebih cantik menarik serta kokoh. Bila anda menginginkan tabulampot yang memiliki kualitas maka pemangkasan harus dikerjakan sejak mulai bibit. Apabila dilakukan dengan tepat dan teratur maka tabulampot dapat dibentuk sesuai dengan keinginan dan selera anda sebagai pengkoleksi tanaman buah dalam pot. Selain dari ketiga tersebut anda juga wajib untuk memperhatikan hama yang kemungkinan akan dapat mengganggu proses tanaman berbuah, makanya penting untuk dikendalikan.

Misalnya tanaman buah mangga, pada waktu musim hujan umumnya sisi batang serta daunnya akan rawan diserang oleh hama layaknya kutu daun, kanker daun ( bercak putih pada daun ), kanker batang atau pembusukan batang. Dalam pengendalian hama dan penyakit dapat dikerjakan dengan cara kimia yakni dengan memakai insektisida serta dengan cara-cara alami yakni dengan memakai biopestisida, contohnya dengan menggunakan daun mindi, daun intaran maupun biji sirsak.

Bahan-bahan tersebut ditumbuk dengan halus serta digabung dengan pasta bawang merah ( dalam jumlah secukupnya ) lantas direndam atau diaduk dalam seember air untuk selanjutnya disaring. Akhirnya digunakan buat untuk menyemprot dibagian tanaman yang terserang hama. Disamping itu juga perlu untuk diperhatikan bahan pot yang akan anda gunakan sebagai media tanam, bahan yang tepat ialah yang mampu mengendalikan kelebihan air di dalam tanah atau media tanam.

Jenis Buah Yang Ditanam Dalam Pot

Banyak jenis buah yang bisa di tanam dalam pot,selain mampu memberikan nilai seni kusus,menanam tanaman buah dalam pot memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita,kususnya buah yang di hasilkan dari tanaman pot tersebut.Jadi,buah apa saja yang bisa ditanam dalam pot,di wah akan saya jelaskan lebih detail beserta manfaat dan kandungan gizi bagi tubuh manusia. Tanaman buah dalam pot merupakan tanaman yang lazim di tanam di dalam pot.  Berbagai macam jenis buah-buahan yang di tabulampotkan memiliki banyak manfaatnya. Manfaat yang terdapat di dalam buah bermacam-macam, karena buah merupakan pusat kesehatan bagi manusia.

Berbagai jenis buah-buahan memiliki manfaat yang sama yaitu kandungan gizi nya sangat tinggi, memiliki vitamin dan mineralnya juga. Buah-buahan tersebut tidak sama seperti obat-obatan kimia yang di jual di toko-toko, karena buah-buahan yang di tanam pada tabulampot  ini lebih cenderung memiliki manfaat vitamin yang tinggi di bandingkan obat-obatan yang memiliki efek samping dan ketergantungan. Khasiat dari buah-buahan banyak membantu bagi kesehatan manusia. Tidak seperti obat-obatan yang hanya bisa meredakan penyakit dalam waktu sementara saja. Apalagi buah-buahan yang di tanam di dalam tabulampot. Biasanya buah-buahan tersebut memiliki tingkat kesegaran yang tinggi.

Tanaman Buah Jeruk

Untuk memndapatkan jeruk manis dalam pot yang lebat,perhatikan hal penting dan terutama dalam teknik penanamanya. Intinya, media tanam, bibit yang berkualitas juga ikut menentukan kualitas dari tabulampot jeruk manis tersebut. Tanaman Jeruk manis banyak terdapat di pasaran, karena jeruk manis memiliki masa panen yang sangat singkat. Tabulampot jeruk manis ini biasanya di tanam didaerah yang memiliki suhu tropis  karena jika ditanam di suhu yang cukup panas, jeruk manis tidak akan tumbuh membesar dan rasanya pun berubah menjadi asam.

Jeruk manis, juga bisa di tanam di dalam pot, jenis tampilan jeruk manis jika ditanam di dalam pot akan terasa eksotik. Jika ingin menanam jeruk manis di dalam pot, kita harus menggunakan pot yang berukuran besar, karena tanaman jeruk manis ini biasanya banyak menghasilkan buah dalam satu pohon saja. Tabulampot buah jeruk manis ini bisa diperbanyak dengan cara generatif. Media tanam yang digunakan untuk melakukan penanaman yaitu harus memiliki tanah dengan tingkat kesuburan yang sangat tinggi,Pencampuran pasir dan pupuk kandang juga harus di seimbangkan. Teknik penanaman tabulampot jeruk manis ini harus dilakukan dengan cara sebaik mungkin, agar dapat menghasilkan buah yang berkualitas baik dan unggulan.

Tanaman Buah Mangga

Budidaya tanaman buah mangga dalam pot atau yang biasa disebut tabulampot semakin banyak digemari karena cara ini dianggap sangat efektif bagi para pecinta tanaman buah yang ingin menanam buah mangga dengan memanfaatkn lahan yang sempit. Tabulampot buah mangga mampu menghasilkan buah yang lezat juga sebagai penghias rumah. yang paling indah jika melihat tanaman buah yang kita taman, melihat buahnya yang bergelantungan membuat kita menjadi ngiler ingin memetik dan memakannya. Ada beberapa jenis tanaman mangga yang bisa dijadikan tabulampot, seperti varieatas chokanan, namdokmai, modenko, mangga apel, irwin, manalagi, pawpaw, khioe, dan arummanis.

Untuk mendapatkan tabulampot tanaman mangga dengan kualitas yang baik dan unggul, biasanya kita dapat memilih nya dengan cara melihat cara berbunganya. Apabila tabulampot berbunga dengan baik dan lebat maka buah yang akan dihasilkan nantinya juga akan lebat. Bibit tabulampot ini biasanya juga banyak terdapat di pasaran. Cara penanaman tabulampot tanaman mangga ini juga tidak sulit, dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Karena tanaman mangga juga dapat tumbuh apabila hanya di biarkan tumbuh saja. Pohon mangga bisa hidup hingga usia 60 tahun, karena pohon mangga ini merupakan pohon buah yang dapat tumbuh dengan usia nya yang cukup tua.

Tanaman mangga juga memiliki bermacam-macam jenis mangga salah satunya yaitu mangga golek, dan mangga apel, mangga tersebut merupakan jenis mangga yang memiliki rasa yang sangat lezat, ini sudah diketahui dari aromanya yang khas. Teknik penanaman tabulampot mangga sangat lah mudah.  Lakukan aplikasi pemupukan untuk merangsang pembungaan, yaitu dengan memberikan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 30 gram tiap pot. Aplikasikan pemupukan secara interval satu kali sebulan hingga bunga tabulampot mangga muncul. Tambahkan pupuk kandang sebanyak dua kaleng susu kecil agar unsur hara pada media tanam tetap seimbang.

Saat bunga mulai berkembang, lakukan kembali pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK. Sebelum memberikan pemupukan, larutkan pupuk terlebih dahulu ke dalam air dengan perbandingan satu sendok makan pupuk dalam 5 liter air. Jika pupuk sudah diaduk dengan rata, siramkan pada media tanam sebanyak setengah hingga satu liter untuk masing-masing pot. Pemupukan NPK juga bisa digantikan dengan pupuk cair seperti Intanik. Dengan melarutkan 10 ml pupuk Intanik ke dalam 10 liter air. Jika sudah dilarutkan ke dalam air, semprotkan larutan pupuk tersebut pada permukaan bawah daun tanaman secara merata. Aplikasi pemupukan dilakukan pada pagi hari agar tidak layu oleh terik matahari.

cara-sukses-menanam-tanaman-buah-dalam-pot

Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing banyak di tanam di pekarangan sekitar rumah, karena tanaman belimbing ini memiliki pohon yang rindang dan dapat untuk tempat bersantai. Selain itu, tanaman buah belimbing memiliki rasa daging buah yang nikmat dan segar. Kesegaran buah belimbing ini membuat orang menjadi ketagihan dan ingin merasakan buah belimbing secara berulang-ulang.Belimbing manis (Averrhoa carambola) adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang menghasilkan buah berbentuk menyerupai bintang.

Tanaman yang dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga sedang ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti pertumbuhan relatif cepat, mudah untuk dipelihara, dan tidak mengenal musim untuk berbuah. Beberapa varietas belimbing tabulampot di antaranya dewa, tasik madu, sembiring, kunir, kapur, dan filipina. Tabulampot belimbing bisa dikatakan berumur genjah. Bunganya dapat muncul setelah bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif berumur 3-5 bulan. Biasanya, buah belimbing dapat dipanen 115 hari setelah bunga keluar, atau 75 hari setelah bunga mekar. Pembentukan buah membutuhkan waktu sekita 30-40 hari.

Buah belimbing ini banyak mengandung vitamin dan khasiatnya. Vitamin yang terdapat di dalam buah belimbing dapat berupa vitamin C, B1 dan D. Selain itu, khasiat dari buah belimbing dapat di jadikan sebagai obat dan ramuan kesehatan. Buah belimbing ini memiliki kandungan air yang banyak, maka dari itu, buh belimbing di sebut buah segar. Buah belimbing ini dapat di panen dalam jangka waktu 2 bulan sekali, masa panennya memang sangat cepat, tetapi harga untuk buah belimbing tersebut sangat tinggi. Masa panen yang cepat tidak menjamin harga dari buah belimbing tersebut akan turun drastis.

Manfaat Menanam Tanaman Buah dalam Pot

Manfaat dan keunggulan menanam buah dalam pot, yang lebih dikenal dengan istilah tabulampot merupakan hobi yang kini sedang digandrungi banyak orang. Dahulu, ketika kepemilikan tanah masih luas, menanam buah lazimnya hanya dilakukan di areal luas. Namun kini, ketika perumahan semakin padat dan lahan yang dimiliki semakin sempit, mulailah orang berpikir untuk mencari alternatif teknik pembudidayaan tanaman. Akhirnya, tercetuslah ide untuk menanam tanaman buah di dalam wadah terbatas, yakni menggunakan pot atau tong.

Mungkin Anda pernah melihat sosok tanaman buah di dalam pot yang berukuran tidak besar, tetapi buahnya sudah banyak. Itulah keunggulan tabulampot. Tabulampot sengaja tidak dibuat tinggi dan tidak rimbun. Selain untuk memaksimalkan space yang ada, peminimalisan tanaman juga terkait dengan perawatan harian dan pemanenan agar lebih mudah dilakukan. Sosok tabulampot yang minimalis juga membuat tanaman menjadi lebih mudah dipindah-pindah.

Namun, tak ada gading yang tak retak, di balik keunggulan pasti ada kelemahan. Begitu pula dengan tabulampot. Dengan wadah kecil dan media tanam yang terbatas, si pemilik dituntut untuk lebih serius dan teliti dalam merawat tanaman buah miliknya. Perlakuan juga harus lebih diistimewakan. Jika tidak, sang buah yang dinanti-nanti tidak akan muncul. Bahkan, bukan tidak mungkin tanaman yang dipelihara malah merana. Misalnya, ketika aplikasi pupuk yang diberikan tidak tepat, hasilnya akan memengaruhi proses pembungaan dan pembuahan. Tanaman mungkin terlihat subur, tetapi tidak berbuah, bahkan berbunga pun tidak. Kalaupun berbunga, tidak lama kemudian pasti rontok.

Banyak terjadi di kalangan hobiis ketika buah sudah muncul, walaupun masih pentil, tak lama kemudian malah berguguran. Terkadang inilah yang membuat pecinta tabulampot menjadi frustasi. Pantas saja jika sebagian hobiis justru mengambil jalan pintas dengan cara membeli tabulampot yang sudah berbuah. Memang, cara ini dinilai lebih aplikatif. Selain buah yang dihasilkan dapat langsung dilihat dan dinikmati, pembuahan selanjutnya juga lebih mudah dilakukan. Sayangnya, tabulampot yang sudah berbuah harganya lebih mahal daripada bibit buah yang baru tumbuh.

Lalu, bagaimana untuk hobiis yang ingin memeliharanya dari bibit? Jangan khawatir. Selain harganya lebih terjangkau, memelihara tanaman buah sejak bibit pasti lebih memuaskan, apalagi jika sampai berbuah. Namun, bagi Anda yang pemula, sangat disarankan untuk memilih jenis tanaman buah yang mudah berbunga dan berbuah. Misalnya, belimbing, jambu air, jambu biji, jeruk nipis, dan kedondong. Jika tanaman ini sudah berhasil berbuah, selanjutnya tinggal memilih jenis tanaman buah lainnya sesuai selera.

 

 

jasa buat blog

Artikel terkait Cara Sukses Menanam Tanaman Buah Dalam Pot

loading...