lklan-728x90
Menu

Cara Menyemai Benih Padi Yang Baik

06/02/2016 | Pertanian

Saatnya para petani di Kecamatan Gedangsari menyemai benih padi yang akan  ditanam pada periode kedua nanti karena posisi tanaman padi pada saat ini sudah mulai akan menguning. Menyemai bibit padi pada saat mau menguning maka ini adalah waktu yang tepat saat tiba waktunya  panen bibit yang disemai siap untuk ditanam.

bibit padi

Dalam menyemai bibit padi harus tepat dan baik karena sangat mempengaruhi hasil panen yang akan mendatang. Maka dalam menyemai benih padi harus diperhatikan hal-hal berikut.

Persemainan Bibit Padi Yang Baik

Tempat untuk membuat persemaian merupakan syarat yang harus diperhatikan agar diperoleh bibit yang baik. Tanahnya harus yang subur, banyak mengandung humus, dan gembur. Tanah itu harus tanah yang terbuka, tidak terlindung oleh pepohonan, sehingga sinar matahari dapat diterima dan dipergunakan sepenuhnya. Dekat dengan sumber air terutama untuk persemaian basah, sebab persemaian banyak membutuhkan air. Sedangkan persemaian kering dimaksudkan mudah mendapatkan air untuk menyirami apabila persemaian itu mengalami kekeringan.

Tanah persemaian harus mulai dikerjakan kurang lebih 50 hari sebelum penanaman. Karena adanya dua jenis padi, yaitu padi basah dan padi kering, maka tanah persemaian juga dapat dibedakan atas persemaian basah dan persemaian kering.

Dua Cara Persemaian Bibit Padi

Prinsip pembuatan persemaian kering sama dengan persemaian basah. Rumput-rumput dan sisa-sisa jerami yang ada harus dibersihkan terlebih dahulu. Tanah dibolak-balik dengan bajak dan digaru, atau bisa dan halus. juga memakai cangkul yang terpenting tanah menjadi gembur.

Setelah tanah menjadi halus, diratakan dan dibuat bedengan-bedengan. Adapun ukuran bedengan sebagai berikut : Tinggi 20 cm, lebar 120 cm, panjang 500-600 cm.Antara bedengan yang satu dengan yang lain diberi jarak 30 cm sebagai selokan yang dapat digunakan untuk memudahkan : Penaburan biji, pengairan, pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan, dan pencabutan bibit.
Penaburan Biji

Untuk memilih biji-biji padi yang bertunas dan tidak, biji harus direndam dalam air. Biji-biji yang bertunas akan tenggelam sedangkan yang biji-biji yang hampa akan terapung. Dan biji-biji yang terapung bisa dibuang. Maksud perendaman selain memilih biji yang bertunas, biji juga agar cepat berkecambah. Lama perendaman cukup 24 jam, kemudian biji diambil dari rendaman lalu di peram dibungkus memakai daun pisang dan karung.

Pemeraman dibiarkan selama 8 jam.Apabila biji sudah berkecambah dengan panjang 1 mm, maka biji disebar ditempat persemaian. Diusahakan agar penyebaran biji merata, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang. Apabila penyebarannya terlalu rapat akan mengakibatkan benih yang tumbuh kecil-kecil dan lemah,

Artikel terkait Cara Menyemai Benih Padi Yang Baik