lklan-728x90
Menu

Cara Mengawetkan Jerami Untuk Pakan Tanpa Di Keringkan

29/04/2016 | Pertanian

Memelihara sapi dan kambing bagi petani adalah suatu kebutuhan yang sangat penting karena memelihara sapi  sekaligus bisa memanfaatkan tanaman dari pertanian untuk pakan ternak yang di pelihara oleh para petani. Selain itu sapi dan kambing merupakan suatu tabungan yang tak mudah di gunakan, beda dengan tabungan yang kita miliki di bank jika setiap saat kita butuhkan maka kita tinggal mengambilnya. Namun berbeda dengan Sapi atau kambing yang kita miliki jika ingin kita di gunakan maka harus kita jual terlebih dahulu di pasar hewan atau kita panggil pedagang sapi untuk membelinya.

Dengan sapi yang dimiliki petani bisa membeli barang-barang yang di anggap mahal seperti membeli tanah, motor dan membangun sebuah rumah. Karena satu sapi betina harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah apalagi sapi jantan yang harganya lebih mahal jika di bandingkan dengan sapi betina. Jika satu keluarga mampu untuk memelihara dua atau lebih sapi maka secara otomatis memiliki tabungan puluhan juta rupiah.

Cara Mengawetkan Jerami Untuk Pakan Tanpa Di Keringkan

Sulitnya Pakan Ternak Di Musim Kemarau

Yang menjadi kendala di masyarakat jika memelihara banyak sapi atau kambing adalah pakannya, karena mencari pakan ternak agak sulit jika tidak memiliki lahan sendiri yang luas. Pada umumnya saat ini jika mencari rumput pada lahannya masing masing karena rumput liar di masing masing lahan di pupuk sendiri. Jika mengandalkan jerami hasil panen saja tidak mencukupi.

Terlebih pada musim kemarau adalah masa masa yang sangat sulit untuk mencari pakan ternak satu satunya yang bisa di andalkan adalah jerami kering hasil panen itu pun kadang tidak mencukupi sampai panen yang akan datang. karena petani bisa mengeringkan jerami dengan sempurna pada saat panen kedua saja atau pada saat mulai musim kemarau,  pada saat panen yang pertama kali petani tidak bisa mengumpulkan semua jerami hasil panennya karena terkendala oleh panas matahari untuk mengeringkannya.

Cara Fermentasi Jerami Basah

Namun saat ini para petani tidak perlu khawatir untuk mengeringkan semua jerami hasil panen. Saat ini telah hadir sebuah inovasi baru untuk mengeringkan jerami yang masih basah. Dengan cara ini akan sangat menghemat tenaga anda waktu anda bisa anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Cara ini adalah dengan cara fermentasi jerami basah. Jerami fermentsi sangat baik untuk pakan ternak. Caranya adalah jerami yang masih basah di tumpuk di suatu tempat yang aman dari air hujan jerami tidak di injak injak atau tumpukan jerami tidak di padatkan dan di tumpuk dengan cara berlapis. Setelah di tumpuk berlapis setiap lapis di sirap dengan air fermentasi yang telah di siapkan untuk jerami secukupnya. Air fermentasi untuk jerami adalah air yang sudah di campur dengan obat yang khusus untuk fermentasi jerami dapat dengan mudah anda dapatkan di toko-toko pertanian.

Namun jerami fermentasi jenis ini agak boros sebagai pakan tenak sapi, karena sapi lebih lahap makan dengan jerami ini karena setelah fermentasi jerami jadi akan memiliki tekstur yang lembut dan menjadi lebih sedikit jika di bandingkan dari semula.

Pemberian pakan kambing dengan jerami tidak dapat diberikan secara langsung terutama untuk ternak yang baru pertama kali memakan fermentasi ini. beri sedikit demi sedikit untuk melatih dan membiasakan ternak. Pemberian bekatul dapat menambah kadar protein dalam kambing. Selain jerami, dapat digunakan bahan lain misalnya rumput ilalang, daun tebu dan gedebok pisang.

 

 

Artikel terkait Cara Mengawetkan Jerami Untuk Pakan Tanpa Di Keringkan