lklan-728x90
Menu

Cara membuat sambal lalapan pedas, khas resep Jawa

28/08/2014 | Kuliner

Gedangsari.com – Bagi ibu-ibu atau remaja putri pasti paham tentang Cara membuat sambal lalapan pedas, namun tidak ada salahnya jika admin ulas agar tidak hanya kaum hawa saja yang bisa namun kaum bapak-bapak pun juga harus mengerti.

 

Berikut ini resep dan langkah membuat sambal lalapan pedas khas jawa. Jika dalam masyarakat tradisioanl sambal (sambel) ini lebih dikenal dengan sebutan “sambel bawang”.

Bahan / resep dan alat sambel bawang untuk sajian lalapan (2 porsi) :

Cara membuat sambal lalapan pedas, khas resep Jawa1. Cabai 11 biji

2. Garam secukupnya

3. Bawang putih 1 siung saja (ukuran sedang).

4. Penyedap rasa (optional)

5. Terasi (optional)

6. Air matang hangat (optional)

7. Lemper dan “ulek” (munthu =”jawa”)

Langkah pertama membuat sambal lalapan pedas ini, bersihkan cabai dengan menghilangkan tangkainya. Kupas 1 siung bawang putih ukuran sedang. Cuci dengan air bersih dan keringkan dari air.

Jika cabai dan bawang putih sudah siap saatnya dihaluskan dengan cara diulek di atas lemper. Dalam menhaluskan tambahkan dahulu garam sekitar setengah sendok teh untuk mempermudah proses penghalusannya.

Untuk menambah citarasa sambel lalapan pedas, tambahkan  penyedap rasa secukupnya saja atau jika anda tidak suka dengan penyedap rasa bisa diganti dengan gula.

Sambal bawah sudah siap. Untuk yang selera dengan terasa bisa ditambahkan tersa secukupnya dan jangan lupa terasi digoreng terlebih dahulu ya.

Opsi terakhir jika dirasa sambel tidak begitu cair bisa ditambahkan air 1/4 sendok teh agar lebih halus terasa.

Proses penyajian, sambal lalapan pedas khas jawa ini bisa disandingkan dengan lalapan berupa (sawi rebus, Kubis, Kemangi, irisan mentimun) ataupun lalapan kesukaan anda.

Semoga panduan membuat sambal lalapan pedas, khas resep Jawa ini bermanfaat.

 

Artikel terkait Cara membuat sambal lalapan pedas, khas resep Jawa