lklan-728x90
Menu

Cara Membuat Obat Untuk Mengatasi Penyakit Pada Tanaman Padi

23/01/2016 | Pertanian

Obat yang telah diberikan kepada warga oleh petugas pengawas lapangan pertanian (PPL) Kecamatan Gedangsari dikatakan bahwa obat yang diberikan kepada masyarakat untuk mengobati tanaman padi yang terkena penyakit yang sangat susah untuk disembuhkan ini telah melalui sebuah penelitian dan dari hasil penelitian itu sudah di aplikasikan pada tanaman padi yang terserang penyakit dan hasilnya bagus, padi yang terserang penyakit dengan obat ini bisa sembuh.

pengobatan

Saat ini warga Kecamatan Gedangsari baru membuktikan khasiat dari obat yang ditawarkan oleh PPL Kecamatan Gedangsari. Karena warga baru mendapatkan obat ini beberapa hari yang lalu. Dikatakan oleh petugas pengawas lapangan pertanian Kecamtan Gedangsari bahwa cara kerja obat ini adalah pertarungan bakteri antara bakteri yang terkandung dalam obat alami dan yang terdapat pada tanaman padi yang terkena penyakit.

Cara Membuat Obat Alami Dan Cara Kerjanya

Bakteri yang terkandung di dalam obat jika bertemu dengan penyakit dalam tanaman padi maka bakteri yang berada di dalam  tanaman padi akan mati ini yang menyebabkan tanaman padi sembuh dari penyakit.

Sebelum kita membuat obat alami untuk penyakit tanaman padi dengan tanpa bahan kimia ini, terlebih dahulu kita siapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat obat. Bahan -bahannya adalah terasi, akar bambu yang telah lapuk, air cucian beras dan gula atau tetes tebu.

Adapun cara membuatnya adalah akar bambu yang telah lapuk direndam terlebih dahulu selama kurang lebih tiga hari setelah itu diambil airnya kira-kira  dua gelas. Setelah itu bahan-bahan yang telah tersedia dicampur dengan takaran gula setengah ons, terasi kira-kira satu kali masak, air cucian beras dan air rendaman akar bambu lapuk kira-kira tiga gelas. Semua bahan dicampur dan diberi air sebanyak satu ember.

Untuk cara pengobatannya adalah disemprotkan pada bagian tanaman padi yang terserang hama seminggu dua kali. sebaiknya penyemprotan pada tanaman dilakukan pada sore hari dan obat akan bekerja secara maksimal pada malam hari.

Artikel terkait Cara Membuat Obat Untuk Mengatasi Penyakit Pada Tanaman Padi