lklan-728x90
Menu

Cantiknya Air Terjun Watu Layah Playen Gunungkidul

Menguak keindahan alam Gunungkidul seakan tiada habisnya, ada saja obyek wisata baru yang ditemukan warga, salah satunya adalah Curug Watu Layah. Nah, bagi sobat yang maniak dengan tempat-tempat baru, obyek wisata ini perlu dicoba, dan berikut kami sajikan gambran singkat pesona air terjun Watu Layah Sawangan Playen Gunungkidul tersebut untuk sobat semua.

Satu lagi obyek wisata air terjun mulai dikembangkan di Gunungkidul. Setelah sebelumnya obyek wisata serupa banyak ditemukan di wilayah Patuk dan Gedangsari, kini kembali Kecamatan Playen memperkenalkan air terjun Watu Layah yang terletak di Padukuhan Gubug Rubuh, Desa Getas, Kecamatan Playen. Air Terjun Watu Layah bisa dibilang merupakan surga bagi para pecinta wisata air terjun. Hanya dengan datang ke sini, para pengunjung bisa sekaligus melihat tiga air terjun yang sangat indah.

Cantiknya Air Terjun Watu Layah Playen Gunungkidul

Tentang Air Terjun Watu Layah

Watu Layah sebenarnya merupakan bagian dari air terjun tingkat 4 yang sebelumnya telah dikenal dengan nama Air Terjun Sawangan. Watu Layah sendiri merupakan nama air terjun di tingkat pertama. Dinamakan Watu Layah karena pada lokasi ini, ada batu yang bentuknya mirip layah (tempat menghaluskan bumbu daput atau membuat sambal bagi orang Jawa). Di tempat lain, layah juga disebut cowek atau cobek.

Mungkin sobat akan kesulitan mencari lokasi Air Terjun Watu Layah karena memang nama ini belum sepopuler nama Sawangan. Jadi, jika sobat penasaran dan ingin mencari lokasi air terjun Watu Layah ini, sebaiknya menanyakan dengan sebutan Air Terjun Sawangan, umumnya penduduk sekitar sudah mengetahui nama ini dibanding Air Terjun Watu Layah.

Kecantikan Air Terjun Watu Layah

Alasan utama mengunjungi curug ini tentunya karena relatif masih baru dan belum banyak terjamah tangan-tangan jahil. Keasrian dan keaslian obyek wisata ini sangat cocok bagi sobat yang suka dengan hal-hal baru dan tidak mainstream. Terlebih lokasinya juga berada di satu jalur ke arah Air Terjun Sri Gethuk sehingga dapat menambah khasanah obyek wisata yang dapat sobat kunjungi. Selain itu, dengan mengunjungi obyek wisata curug Watu Layah ini, berarti sobat juga telah mendukung optimisme dan antusiasme warga setempat untuk menguak serta memberdayakan potensi desanya.

Pemandangan yang asri dan tempat yang masih sangat alami lantaran terletak di tengah hutan menjadi unggulan dari Air Terjun Watu Layah. Keistimewaan lainnya adalah terdapatnya 3 air terjun yang sama-sama indah dimana ada 1 air terjun yang menjadi pusat , dan di hiasi kolam-kolam kecil yang memiliki air yang sangat jernih. Debit air yang tinggi membuat percikan air yang jatuh sangat mempesona para pengunjung. Ditambah lagi dengan pepohonan yang alami tumbuh di lingkungan air terjun menjadikannya semakin menyajikan sensasi yang sangat berbeda.

Tak heran dengan suasana seperti ini banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke sini. Berenang, berfoto-foto, atau hanya sekedar duduk menikmati dingin dan sejuknya suasana merupakan berbagai alternatif kegiatan yang bisa dilakukan dilakukan.

Karena aliran airnya tidak sederas Air Terjun Sri Gethuk, waktu yang tepat untuk mengunjungi obyek wisata baru ini adalah di seputar pergantian musim, yakni di antara musim penghujan dan musim kemarau karena debit air di aliran ini cukup bagus. Jika penghujan, selain lokasinya cukup licin, kondisi airnya juga keruk. Bahkan kadang ada risiko banjir jika memaksakan berada di lokasi ini pada musim penghujan.

Tentu karena lokasinya masih cukup sulit dijangkau, disarankan pula mengunjungi obyek wisata curug Watu Layah ini pada jam-jam pagi atau siang, maksimal sore sehingga perjalanan menuju lokasi lebih aman. Jangan memaksakan diri ketika hari sudah gelap atau ketika gerimis mulai turun.

Artikel terkait Cantiknya Air Terjun Watu Layah Playen Gunungkidul