lklan-728x90
Menu

Candi Abang, Bukit Teletubbies nya Jogja

Keindahan wisata alam jogja memang tidak akan pernah ada habisnya bila di jelajah, salah satunya adalah wisata candi. Ada banyak sekali  candi yang tersebar di Jawa Tengah, termasuk di Jogja yang memiliki candi Prambanan dan namanya pun sudah mendunia. namun hari ini kita  mau mengenalkan salah satu candi unik yang sama sekali berbeda dengan candi-candi lainnya di Jogja yaitu Candi Abang.

Apabila anda ingin mengisi liburan di Yogyakarta dan ingin mengenal nuansa pedesaan maka Desa Wisata Candi Abang bisa menjadi tujuan alternatif wisata anda. Lalu apa yang menarik dari desa wisata ini?

Candi Abang, Bukit Teletubbies nya Jogja

Lokasi Dan Keunikan Candi Abang

Candi ini berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk mencapai candi unik ini bisa melaluinya dari jalan Jogja-Solo, yang menuju ke arah Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Di sana ada papan petunjuk arah ke kanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana. Candi ini berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, sekitar 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Disarankan bila ingin menuju ke Candi ini sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena jalannya agak kurang bagus dan akses menuju ke Candi masih dikelilingi hutan.

Keunikan dari Candi Abang adalah candi ini dibangun dengan batu bata merah. Kenapa candi ini menjadi salah satu destinasi menarik yang patut dikunjungi saat berlibur di Jogja? Candi ini menarik karena agak tidak lazim, jika ada candi berbahan batu bata merah di daerah Jawa bagian tengah, khususnya di Jogja. Sayangnya kita tidak bisa bercerita lebih jauh tentang relief yang ada di Candi Abang karena Candinya terkubur di dalam tanah yang berbentuk seperti Bukit Teletubbies.

Itu sebabnya, Candi Abang ini menarik karena agak tidak lazim saja jika ada candi berbahan batu bata merah di daerah Jawa bagian tengah, khususnya di Jogja. Beberapa orang berpikiran bahwa candi ini adalah tempat penyimpanan harta karun zaman dahulu, oleh sebab itulah banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari barang-barang berharga di sana. Tapi setelah diresmikan candi ini sudah dilindungi oleh pemerintah.

Artikel terkait Candi Abang, Bukit Teletubbies nya Jogja