lklan-728x90
Menu

Cara Merawat Dan Budidaya Jambu Kristal Agar Buah Lebat

03/11/2016 | Pertanian

Jambu kristal namanya sangat indah bukan. Buah ini dihasilkan dari tumbuhan jambu kristal yang selalu berbuah sepanjang tahun. Tidak seperti kebanyakan dari jenis jambu lainnya. Bila jenis jambu lainnya banyaknya biji bisa mencapai 80 % dari daging buahnya. Jambu kristal ini hanya mempunyai tidak lebih dari 3% biji dari bagian buahnya. Dengan begitu daging buah jambu  kristal sangat banyak dan tentu saja berdaging tebal. Tekstur daging yang renyah dan terasa gurih di lidah hampir mirip dengan buah apel atau buah pir. Semua ini juga merupakan ciri khasnya yang menunujukan banyak kelebihan dari jambu kristal yang lezat ini. Selain itu lapisan lilin yang melindungi luar buah ini juga bisa dibilang tebal.

cara-merawat-dan-budidaya-jambu-kristal-agar-buah-lebat

Tanaman buah jambu kristal ini merupakan mutasi dari jambu Muangthai Park. Yang didapatkan di tahun 1991 tepatnya di Distik Kao Shiung Thaiwan. Jambu kristal yang juga berguna untuk membuat kulit menjadi putih. Tanaman jambu ini dapat memperlancar pencernaan dan kaya akan vitamin C. Bagian luar Jambu Kristal memiliki warna putih agak kusam atau pucat. Buah Jambu kristal ini di pasaran tentu berbeda dengan jambu variatas lain yang sudah ada sebelumnya. Apabila jambu biasanya hanya mempunyai harga kurang lebih dibawahnya 5.000 tiap kilogram. Maka jambu kristal di dalam pasaran dapat mencapai harga 20 ribu rupiah.

Cara Budidaya Jambu Kristal

Dengan tawaran harga yang cukup tinggi ini, tentu saja menarik orang untuk melakukan buddaya jambu kristal ini. Baik dengan sekala kecil mataupun besar. Budidaya jambu kristal ini juga didukung oleh iklim dan cuaca beberapa daerah di  Indonesia. Semua ini tujuannya agar pertumbuhan tanaman jambu kristal bisa maksimal. Tanaman Jambu kristal tumbuh cocok di wilayah tropis. Dengan intensitas curah hujan antara 2.00 hingga 3.000 mm tiap tahun. Dengan ukuran suhu yang mencapai 20 derajat hingga 30 derajat celsius pada siang hari. Unsur Tanah yang mendukung pertumbuhan tanaman jambu kristal ini memiliki derajat keasaman 6-6.5 pH. Semua itu harus disertai dengan drainase yang baik. Sedangkan Ketinggian tempat pertumbhan jambu kristal yaitu 5 hingga 1000 meter diatas permukaan air laut.

Usaha Budidaya Jambu Biji Kristal lebih menghasilkan untung karena produktivitas jambu yang tinggi. Yang harus diingat jambu biji sebenarnya susah untuk bisa dijadikan perkebunan secara komersil. Karena produktivitas jambu biji yang rendah. Tumbuhan jambu non biji sulit menghasilkan buah lebat. Itu dikarenakan biji merupakan persediaan energi untuk buah agar tumbuh besar. Saat jambu tanpa biji berbuah mudah rontok. Tanaman Buah Jambu Biji Kristal sebenarnya tidak benar-benar tanpa biji. Tapi  tetap mempunyai biji akan tetapi jumlahnya sedikit kurang dari 3 persen bagian daging buah. Jadi saat sudah berbuah bisa kuat dan tidak mudah rontok dan menghasilkan buah lebat.

Budidaya Jambu Kristal Tabulampot

Budidaya Jambu Biji Kristal mirip dengan budidaya tanaman buah yang lainya. Cara Budidaya Jambu Biji Kristal tidak harus menggunakan lahan yang luas. Jika ingin budidaya Jambu Kristal, Anda dapat memanfaatkan sisa dari lahan yang ada disekitar pekarangan rumah. Atau dengan sistem tanaman buah dalam pot sudah bisa menerapkan budidaya Jambu Kristal. sebab tanaman tersebut tidak begitu membutuhkan perawatan yang intensif. Dengan metode tabulampot akan lebih mudah dan indah jika dipandang mata. Sedangkan untuk nilai ekonominya nilai penjualan lebih mahal saat sedang berbuah.

Selain itu Anda bisa mendapat hasil dari penjualan bibit yang dicangkok. Sebab dengan penanaman disekitar halaman rumah, mempermudah Anda membuat bibit dengan cangkok dengan harga Rp 35.000 sampai Rp. 50.000. Anda bisa mendapat untung berkali lipat dari hasil jual buah dan bibit. Pada waktu umur 7 bulan, buah sudah bisa dipanen tapi hasil belum begitu banyak. Pada tahun yang pertama tiap pohon dapat menghasilkan 50 kilo gram. Agar pertumbuhan tanaman baik dibutuhkan pupuk kandang atau pupuk kompos. lainnya pupuk buatan dari pabrik, dalam tiap hektar pupuk kandang sejumlah 2 ton. Untuk Anda yang hobby  tambulampot sangat cocok untuk mencoba budidaya jambu kristal dalam pot ini.

Syarat tumbuh Jambu Kristal

Untuk Budidaya jambu kristal ini sangat memerlukan kondisi iklim yang baik. Angin juga mendapat peran penting dalam penyerbukan bunga jambu. Ciri angin yang bagus untuk proses penyerbukan adalah angin yang berkuatan sedang. Bila angin terlalu kencang maka akan menjadikan bunga jambu kristal mengalami kerontokan. Tumbuhan jambu kristal termasuk dalam tanaman wilayah tropis. Namun bisa juga tumbuh pada wilayah dengan iklim sub tropis yang mempunyai intensitas curah hujan hingga 1000-2000 mm per tahun.

Suhu yang baik diperlukan tanaman jambu kristal agar dapat tumbuh, berbuah dan berkembang dengan optimal. Yaitu sekitar 23sampai 28°C untuk siang hari. Penyinaran matahari juga perlu diperhatikan. Sebab jika tanaman jambu kristal ini kurang akan sinar matahari akan membuat tanaman menjadi tidak sempurna dalam pertumbuhan atau bisa disebut kerdil. Pada sekeliling tanaman kelembaban udara harus rendah, sebab bila udara punya kelembaban yang cukup rendah, kondisi seperti ini sangat cocok untuk tumbuhnya tanaman jambu kristal.

Tahap Pemilihan bibit

Untuk langkah ini anda bisa menentukan sendiri, anda akan menggunakan bibit mana. Anda Bisa memakai bibit dari hasil stek dan cangkok, lalu bisa juga anda pakai bibit yang berasal dari biji buah langsung. Lebih baik anda pakai bibit hasil dari stek atau cangkok sebab jelas kualitas buahnya, lebih lagi anda tahu asal usul tanaman jambu kristal itu. Jika tidak ingin ribet mencangkok, saat ini sudah banyak orang yang menjual bibit hasil cangkokan.  jadi anda bisa membeli bibitnya langsung.

Media yang bisa kita pakai adalah drum bekas minyak yang dibelah menjadi dua. atau menggunakan pot yang sudah bisa langsung dipakai. Kemudian anda isikan dengan tanah yang dicampur sekam padi dan kotoran kambing. Untuk perbandingannya adalah 1 bagian sekam padi dan 1 bagian kotoran kambing, kemudian 1 bagian tanah. Isi pot tersebut dengan ketiga bahan diatas. Untuk kotoran kambing atau sapi  sebaiknya jangan anda gunakan yang masih basah. tujuannya agar tidak panas dan menyebabkan matinya tanaman. Bila Setelah seluruh bahan sudah siap, maka sekarang saatnya anda tanam bibit jambu kristal ke dalam pot yang siap. Untuk menanamnya mungkin anda semua sudah mengetahui langkah. Sebab menanam jambu kristal ini langkahnya sama dengan menanam tanaman buah lainnya.

Perawatan Jambu Kristal

Menanam jambu kristal harus disertai dengan perawatan yang baik pula. Jambu kristal yang sudah ditanam di dalam pot harus disiram dengan teratur. Agar tidak kering dan mati. Tanaman ini harus sering ditengok untuk memeriksa hama tanaman jambu yang menempel pada bunga atau pohonnya. Untuk menjaga agar  lahan tanaman jambu biji kristal tetap subur dan  stabil, maka  perlu diberikan pupuk dengan  berkala dan teratur.

 

Artikel terkait Cara Merawat Dan Budidaya Jambu Kristal Agar Buah Lebat