lklan-728x90
Menu

Blusukan Ke Laut Bekah Purwosari, Gunungkidul

Berbicara tentang destinasi wisata pantai di Gunung Kidul memang tak akan pernah berujung. Sudah menjadi rahasia publik bahwa Gunung Kidul menyimpan harta karun berupa jajaran pantai-pantai yang indah dan menawan. Nah, jika Anda ingin mencari sesuatu yang berbeda untuk wisata pantai Anda di kabupaten ini, mengunjungi Laut Bekah bisa menjadi solusinya. Apa yang membuat pantai ini begitu menawan?

Jika berkunjung ke Jogja rasa-rasanya bosan dengan hiruk pikuk kota Jogja yang mulai macet, berkunjung ke pantai-pantai pun terkadang tidak bisa karena terlalu ramai. Blusukan ke Tebing Laut Berkah atau Uluwatunya Jogja adalah pilihan yang masuk di kantong dan asyik tentunya tidak usah jauh-jauh ke Bali karena bentuknya hampir mirip Uluwatu di Bali. Pantai ini memang masih sepi pengunjung layaknya pantai Srakung yang juga ada di Gunungkidul.

Blusukan Ke Laut Bekah Purwosari, Gunungkidul

Lokasi Tebing Laut Bekah

Dari kota Jogja Tebing Laut Bekah berada di tenggaranya dan berjarak sekitar 60 KM. Memang di Gunungkidul masih banyak baik pantai atau tempat wisata lainnya yang belum terekspose wisatawan. Contohnya Tebing laut bekah ini belum terlalu terkenal bagi wisatawan. Orang-orang daerah Gunungkidul dan yang menuju tempat ini pun belum tentu tau keberadaan tempat ini jika kamu tanya-tanya.

Tapi jangan khawatir masih banyak jalan menuju roma, kamu bisa bawa gps dan lain-lain serta jangan malu untuk bertanya. Kemungkinan ada beberapa orang yang memang tau tempat ini seiring banyaknya wisatawan yang penasaran dengan Tebing laut berkah ini.

Di pertigaan Dusun Temon kamu akan lihat penunjuk arah ala kadarnya tertancap di pinggir jalan yang bertuliskan “Laut Bekah, Spot Rock Fishing”. Jalan menuju lokasi bukan aspal halus melainkan cor-coran semen dan jalanan tanah berbatu membelah hutan jati yang hanya muat satu mobil (kondisi mungkin bisa diperbaharui).

Indahnya Laut Bekah Dan Tebingnya

Terletak sekitar 17 kilometer dari arah timur Pantai Parangtritis, Laut Bekah berhasil mencuri perhatian para wisatawan karena keunikannya yang jarang bisa ditemui di pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Di pantai ini, berjejer jajaran tebing karang yang memanjang. Ketinggian tebing karang ini diperkirakan mencapai kurang lebih 70 meter. Memiliki keunikan ini, Laut Bekah populer terutama di kalangan wisatawan yang mempunyai hobi memancing. Memang, memancing ikan laut dari atas tebing Laut Bekah ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak dicoba oleh wisatawan. Bahkan, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal yang banyak ditemukan mencari udang lobster di kawasan ini.

Sesampainya di Laut Bekah, segala lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan hamparan pemandangan alam yang memanjakan mata. Pemandangan tebing di pantai ini pun tak kalah dengan tebing di Uluwatu Bali. Untuk masalah fasilitas, Laut Bekah sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet umum yang cukup memadai, meskipun belum ada warung makanan yang tersedia. Jadi, siapkan bekal untuk perjalanan Anda agar anda tidak kelaparan.

Namanya juga Blusukan, jalanan jelek bukan halangan, justru semakin pelosok dan jarang dijamah wisatawan namun tempat wisatanya berkelaslah yang menjadi idaman para blusukers. Tebing Bekah merupakan tebing setinggi 95 meter dengan kemiringan 180 derajat. Formasinya memanjang. Ombak susul-menyusul memukul tebing dan menimbulkan gemuruh kencang. Saat ombak itu memukul tebing, air laut berbuih dan warnanya berubah dari biru menjadi seputih susu. Saat ombak menjauhi tebing maka kelihatan karang-karang runcing di dasar tebing.

jadi jika anda ingin merasakan sensasi yang berbeda saat berwisata ke pantai, maka anda wajib mecoba datang ke laut Bekah di pesisir selatan Gunungkidul. Dijamin deh, anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang menarik di sini.

 

 

Artikel terkait Blusukan Ke Laut Bekah Purwosari, Gunungkidul