lklan-728x90
Menu

Blusukan Asyik Ke Air Terjun Kluwihan Gedangsari

Gedangsari Gunungkidul adalah suatu daerah yang menyimpan banyak tempat- tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali curug atau air terjun di sana, hal ini karena di Gedangsari banyak terdapat aliran sungai yang deras dan berada di atas. Apalagi bila datang musim penghujan anda yang berkunjung ke Gedangsari dapat menikmati beberapa keindahan air terjun yang ada.

Salah satu air terjun yang sedang hits di Gedangsari adalah Air Terjun Kluwihan. Air Terjun Kluwihan, terletak di Dusun Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Terletak di pedalaman dusun, air terjun yang cantik ini bisa disebut sebagai hidden paradise. Untuk mencapai lokasi ini perlu sedikit perjuangan melewati jalan setapak yang lumayan curam nan licin.

Blusukan Asyik Ke Air Terjun Kluwihan Gedangsari

Ait Terjun Kluwihan The Hidden Paradise

Litologi penyusun dinding air terjun ini ialah perselingan lava andesit, breksi andesit, dan tuf. Bebatuan yang ada di sekitaran air terjun Kluwihan ini merupakan produk dari gunung api muda yang masih aktif saat ini. Memang jelas karena lokasi air terjun ini bukan berada pada fisiografi zona gunung api kuarter yang berada di tengah Pulau Jawa, akan tetapi berada pada fisiografi zona pegunungan selatan.

Asikin (1974) dan Katili (1975) pernah menyebutkan bahwa Pulau Jawa khususnya Pegunungan Selatan merupakan bagian dari busur vulkanik-plutonik berumur Tersier, yang terhampar dari Sumatera hingga Nusa Tenggara. Bukan tidak mungkin jika air terjun ini jutaan tahun yang lalu berada pada suatu tubuh gunungapi apalagi batuan penyususn dinding air terjun sendiri merupakan produk gunung api.

Lokasi Menuju Air Terjun Kluwihan Gedangsari

Jika ingin mengunjungi lokasi wisata ini, kamu tinggal melaju ke Dusun Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I.Y. , tanya aja rumah RT 1 Dusun Mongkrong, kamu bisa parkir di rumah Pak RT. Penduduk disana ramah-ramah, jadi bisa langsung akrab deh sama warganya.

Antara Air Terjun Dan Luweng Sampang

Beberapa waktu yang lalu kami pernah membahas tentang Luweng Sampang Gedangsari yang merupakan salah satu tempat yang menarik pula untuk dikunjungi. Lokasinya satu kecamatan dengan Air Terjun Kluwihan ini. Luweng Sampang ini dikenal dengan Green Canyonnya Yogyakarta.

Lokasi Luweng Sampang cukup strategis karena berada di tepi jalan sehingga mudah untuk di kunjungi, namun tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari Gunungapi Purba Nglanggeran ini masih belum populer di kalangan para pemburu selfie ataupun fotografer profesional. Yah, alasanya karena tempat ini belum dikelolah dengan baik.

Luweng Sampang adalah sebuah air terjun yang memiliki karakteristik batuan yang sekilas mirip dengan Grand Canyon dari AS. Batuannya terkena erosi air dan memiliki lapisan batuan yang bergaris-garis. Meski bentuknya mirip dengan Grand Canyon namun tidak serta merta bisa dibandingkan satu sama lain, karena Grand Canyon di AS ukurannya jauh lebih besar daripada Luweng Sampang. Tinggi air terjun cantik ini ternyata terhitung cukup pendek, hanya sekitar 5 meter saja.

Sama Seperti air terjun Kluwihan, bagi anda sekalian waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang disarankan saat musim penghujan karena debit air terjun yang jatuh akan makin deras dan semakin menambah kecantikannya. Namun jangan lupa menjaga keselamatan, karena saat hujan otomatis bebatuan akan jadi licin dan bisa membuat traveler terpeleset. Yuk main air ke Luweng Sampang dan air terjun Kluwihan Gedangsari!!

Artikel terkait Blusukan Asyik Ke Air Terjun Kluwihan Gedangsari