lklan-728x90
Menu

Berpetualang Di Goa Gereng, Goa Asri, Dan Goa Emas Di Gunungkidul

Gunung kidul merupakan wilayah yang terkenal dengan tanah tandusnya, namun di lain sisi juga memiliki berbagai lokasi yang indah dan menakjubkan. Pengelolaan secara maksimal akan menjadikan daerah ini menjadi tujuan wisata yang sangat fantastis. Bisa kita lihat berbagai wisata pantai yang mempunyai ciri dan keindahan masing-masing di sisi selatan

Kabupaten Gunungkidul yang membentang dari barat sampai ke timur. Masih terdapat berbagai macam goa yang sebagian teraliri air bawah tanah dengan  stalagtit dan stalagmit yang sangat memukau. Bagi anda yang haus wisata adrenalin bisa menyambangi Karangmojo di Kabupaten Gunungkidul. Di sini terdapat Gua Asri, Goa Gereng dan Goa Emas yang punya keunikan tersendiri ketiganya. Penasaran?

Berpetualang Di Goa Gereng, Goa Asri, Dan Goa Emas Di Gunungkidul

Lokasi Dan Keindahan Goa Gereng, Goa Asri, dan Goa Emas

Ketiga goa tersebut terletak di Padukuhan Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Dari Wonosari, Anda tinggal menyusuri jalan sampai bertemu bunderan sihono. Ikuti jalur tersebut sampai bertemu papan lain, bertuliskan jelajah wisata goa. Ini dikarenakan letak ketiga goa tersebut masih satu rangkaian dengan Goa Pindul yang lebih dahulu terkenal.

Goa Gereng

Goa gereng ini masih tergolong baru, dibuka pertama kali oleh Panji wisata. Goa gereng ini terletak di desa bejiharjo, kabupaten gunungkidul. Struktural dalam goa gereng hampir sama dengan goa pindul. Waktu yang ditempuh untuk tracking dalam goa gereng ditempuh selama 1,5jam. Lalu apa saja yang bisa kita lihat di dalam goa gereng?

Selama kita tracking di dalam goa gereng kita akan melihat mata air pertemuan dari 7 mata air, nah disitu akan melihat ikan-ikan kecil dan mengiringi kita selama perjalanan, terdapat pula staglatit, saka guru, dan sesampainya nanti goa emas kita bisa melihat kilauan emas di langit-langit goa. Dan yang paling menakjubkan lagi ada batuan yang berbentuk seperti joglo dan itu alami.

Goa Asri

Anda akan menuruni tebing untuk memasuki Goa Asri yakni sekitar 10 meter dari perkebunan warga. Di dalam Goa Asri kita akan mendapatkan pemandangan yang indah berupa stalagnit dan stalagmit yang sangat menggagumkan. Panjang goa sekitar 136 meter dengan aliran air bawah tanah dengan ketinggian yang bervariasi sekitar 20 hingga 30 sentimeter. Di Goa Asri ini juga terdapat batu yang mirip soko guru namun ukurannya lebih kecil. Sebelumnya warga sekitar menggunakan air dalam goa yang mengalir . Namun seiring kemampuan warga membuat sumur tersendiri maka sudah jarang warga mengambil air dari goa. Sebelumnya goa Asri juga sebagai sarang beberapa hewan malam seperti codot, kalong dan pasung.

Goa Emas

Selanjutnya kita sampai di Goa Emas, goa ini terletak di sebelah barat Goa Gereng (sepanjang 400 meter). Di dalam goa ini anda akan melihat secara langsung serpihan ’emas’ yang mempesona di dinding goa. Para traveler juga kembali disuguhi pemandangan sungai bawah tanah yang mengagumkan. Meski harus menggunakan pelampung, lampu penerangan, sepatu dan helm khusus, Goa Asri -Gereng – Emas akan menorehkan pengalaman tak terlupakan bagi tiap orang yang datang ke sana.

Untuk menikmati keindahan tiga goa tersebut pihak pengelola memberikan tarif sebesar Rp. 25.000/orang dengan fasilitas perlengkapan berupa jaket pelampung, lampu senter, sepatu karet, dan helm khusus serta jasa pemandu yang akan mengantar Anda menyusuri keindahan ketiga goa.

Dengan fasilitas semua perlengkapan dan jasa pemandu yang telah terlatih dan siap menemani Anda menyingkap “Surga tersembunyi” di Goa Gereng, Goa Asri , dan Goa Emas ini.

Artikel terkait Berpetualang Di Goa Gereng, Goa Asri, Dan Goa Emas Di Gunungkidul