lklan-728x90
Menu

Bantuan Cor Blok Dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta Untuk Jalan Dusun Di Desa Hargomulyo

24/05/2016 | Info PNPM

Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting bagi masyarakat, jalan merupakan akses yang paling utama. Jalan dusun kebanyakan kondisinya masih jelek, jarang menjadi perhatian pemerintah setempat karena bukan merupakan jalan utama. Di dalam pemerintahan pemeliharaan jalan atau pembangunannya memiliki hak masing-masing. Seperti jalan dusun, jalan kelurahan, Jalan kecamatan atau jalan lintas kabupaten dan provinsi bagian-bagian jalan itu merupakan hak masing-masing yang sudah menjadi ketentuannya.

Seperti di jalan dusun Jetis, Rt2, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari kondisi jalan sudah mulai rusak. Kerusakan jalan yang paling utama di sebabkan oleh tanah yang labil sehingga cor blok yang sudah ada mudah pecah. Selain itu kerusakan jalan juga di timbulkan dari truk pengangkut batu belah. Karena di dusun Jetis terdapat beberapa tempat tambang batu belah.

cor jalan

Jalan di dusun Jetis khususnya di Rt2 selain jalanya rusak juga memiliki medan jalan yang menanjak. Jika kerusakan tidak segera di selesaikan maka tentu saja akan membahayakan bagi para pengguna jalan khususnya warga masyarakat itu sendiri. Rencananya jalan ini akan di bangun dengan menggunakan dana Dusun yang telah di anggarkan pemerintah pada tahun yang lalu, yaitu setiap dusun mendapat bantuan dana dari pemerintah sebesar 10 juta pertahun. namun dana itu baru turun satu kali pada tahun 2015. Untuk selanjutnya menurut keterangan Bapak Kepala dusun bahwa dana dusun mulai tahun 216 ini akan di hapus.

Bantuan Cor Blok Jalan Dusun

Namun saat ini jalan dusun Jetis, Desa Hargomulyo mendapatkan bantuan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta ( UGM). Bantuan ini tidak melewati pemerintah desa namun bantuan ini langsung dari UGM melalui pengajuan proposal. Bantuan berupa material dan semen yang di gunakan untuk perbaikan cor blok. Di Universitas Gajah Mada Yogyakarta setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada para dosen untuk pengabdian di masyarakat yang diberikan sebuah dana untuk di berikan kemasyarakat.

kerja bakti cor blok

Bantuan jenis ini hanya berupa material saja tidak ada anggaran untuk pengerjaannya, pengerjaanya adalah swadaya dari masyarakat setempat. Masyarakatpun sangat semangat walau harus dengan swadaya dalam pengerjaanya karena jalan mereka yang rusak akan menjadi baik. Bahkan warga rela iuran untuk konsumsi saat pengerjaanya.

Sebelum pengecoran perbaikan jalan warga masyarakat sudah mengadakan kerja bakti terlebih dahulu yaitu mencari batu belah yang nantinya akan di gunakan untuk berem yaitu batu yang di gunakan untuk mengisi bagian tepi cor agar cor tidak mudah pecah jika terinjak oleh truk. Berbaikan jalan berupa penambahan cor blok di bagian  tengah agar jalan penuh dengan cor blok, kurang lebih sepanjang 100m.

Tahap Pengerjaan Cor Blok

Warga juga menyiapkan galian tempat yang rencananya akan di cor blok, karena tempat yang akan di cor blok harus di gali dan di beri landasan batu agar cor blok tidak mudah pecah. Pengerjaan cor blok selesai dalam setengah hari karena dalam pengerjaan cor blok setiap warga harus hadir, jika pada saat pengecoran tidak hadir maka akan di denda dengan uang sebanyak 50rb setiap kepala keluarga. peraturan ini di buat oleh masyarakat itu sendiri untuk menjaga kekompakan dalam bermasyarakat.

Anggaran awal semen berjumlah 50 sak namun semen 50 sak itu tidak bisa memenuhi target yang telah di tentukan, agar bisa memenuhi target cor blok yang di tentukan maka masyarakat mengeluarkan swadaya untuk membeli tujuh sak semen dan mendapat bantuan dari KKN yang saat ini berada di dusun Jetis sebanyak 2 sak. Jadi jumlah semen yang di gunakan untuk perbaikan cor blok di dusun Jetis Rt2 sebanyak 59 sak semen.

jasa buat blog

Artikel terkait Bantuan Cor Blok Dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta Untuk Jalan Dusun Di Desa Hargomulyo

loading...