lklan-728x90
Menu

Bansos Untuk Petani Gunungkidul Bernilai Milyaran Bakal Turun Sebentar Lagi

Bansos Untuk Petani Gunungkidul Bernilai Milyaran Bakal Turun Sebentar Lagi

Gedangsari.com – Para petani patut sedikit lega karena sebentar lagi sebanyak 200 kelompok tani di Gunungkidul pada tahun 2015 ini akan mendapatkan bantuan benih berupa kedelai melalui program bantuan sosial (bansos)dari pemerintah. Nantinya setiap kelompok akan mendapatkan jatah senilai Rp 1,8 Juta untuk digunakan dan agar menanam kedelai di lahan seluas 10 hektar. Hal ini di harapkan agar nantinnya kelompok dapat memperoleh hasil panen kedelai sebanyak 3,5ton/hektar.

Samapi saat ini problem yang dihadapi oleh para petani adalah karena masih terbatasnya stok benih bersertifikat. Informasi terakhir dari Badan Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) hanya memiliki stok benih sekitar 3.700ton untuk memenuhi kebutuhan 4 Kabupaten. Padahal para petani di Gunungkidul sendiri diperkirakan membutuhkan benih sekitar 500ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) Gununngkidul, Azman Latif menjelaskan sebanyak 200 kelompok tani sasaran bansos tersebar di 6 kecamatan di Gunungkidul. Diantaranya meliputi Karangmojo 17 kelompok,  Nglipar 40 kelompok, Semin 48 kelompok, Playen 55 kelompok, Semanu 34 kelompok, serta Wonosari 6 kelompok.

Total bantuan mencapai Rp 3,6 miliar. Sosialisasinya Januari, sedang penanaman serentak akan dilakukan akhir Februari 2015. Menyinggung keberhasilan program itu, Azman menyebut, meskipun nanti targetnya tidak tercapai, pemerintah tidak akan member sanksi apapun, karena ini program bansos.

Artikel terkait Bansos Untuk Petani Gunungkidul Bernilai Milyaran Bakal Turun Sebentar Lagi