lklan-728x90
Menu

Bagi Pertanian Gunungkidul Pupuk Kandang Berjuta Manfaatnya

09/10/2015 | Pertanian

Bagi Pertanian Gunungkidul Pupuk Kandang Berjuta Manfaatnya – Bagi petani Gunungkidul, pemakaian kotoran sapi sebagai pupuk, bukanlah hal yang baru. tapi untuk para penggemar tanaman di kota-kota besar, ternyata masih banyak yang ragu. “Bisakah kotoran itu untuk memupuk tanaman hias, misalnya ?” Demikian antara lain pertanyaan itu. Apa jawabannya ?

Memang, bau tak sedap akan kita nikmati manakala kita nikmati disaat berada dekat kandang sapi. Apalagi pada pagi hari, sebelum kandang dibersihkan. Kotoran sapi masih berserakan di lantai. Baunya minta ampun. Kesan itu rupanya, yang membuat penggemar tanaman di kota-kota besar merasa sayang, kalau tanamannya dipupuk dengan kotoran sapi. Padahal, harap diketahui, sayuran yang kita santap hampir setiap hari, seperti kol, wortel, tomat dan bawang, dihasilkan dari ladang yang dipupuk berat dengan kotoran sapi.

Bagi Pertanian Gunungkidul Pupuk Kandang Berjuta Manfaatnya

Kandungan Unsur Hara Pada Pupuk Kandang

Pupuk Kandang mempunyai manfaat yang sangat penting untuk meraih kesuksesan besar di dalam hal budidaya pertanian dan peternakan menggunakan pola organik. Tujuan utama pemanfaatan kotoran hewan tidak saja tertuju untuk menyuburkan tanaman , tetapi di luar itu pupuk alami yang di produksi binatang ternak juga mempunyai keunggulan tertentu untuk di olah sebagai pakan alternative ternak yang lainnya. Sebagai contoh kotoran kambing , domba dan ayam dapat di fermentasi untuk pakan ternak lele , atau pun kotoran kambing di proses menjadi pakan / makanan alternative untuk segala unggas.

Sebagaimana pupuk organik lainnya, kotoran sapi terutama juga berperan untuk memperbaiki sifat-sifat fisik tanah. Tanah berpasir, atau sebaliknya tanah yang liat, dapat menjadi gembur dengan menambahkan kotoran sapi dalam jumlah yang cukup. Daya simpan air dari tanah tersebut akan meningkat. Demikian pula, hara dalam tanah juga tidak akan mudah hanyut oleh air. Sebab, bahan organik di dalam tanah juga berperan memegang unsur hara. Selain itu, penambahan kotoran sapi juga akan memperkaya unsur hara di dalam tanah, meski jumlahnya sangat kecil. Dari hasil analisa kimia, kotoran sapi itu mengandung 0,65 % N dan 1,25 % K2O. Angka kandungan nitrogen dan kalium ini bisa berubah-ubah, tergantung dari jenis makanan yang diberikan pada sapi.

jasa buat blog

Artikel terkait Bagi Pertanian Gunungkidul Pupuk Kandang Berjuta Manfaatnya

loading...