lklan-728x90
Menu

Asyiknya Trip Jembatan Gantung DEWIELOK (Desa Wisata Jelok) Gunungkidul

Desa Wisata Jelok Gunungkidul Yogyakarta. Desa Wisata Jelok atau disingkat DEWIELOK terletak di Padukuhan Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Wonosari Km 25, sekitar 30 km arah Tenggara Kota Yogyakarta atau 15 km arah Barat kota Wonosari, Gunungkidul.

Desa Wisata Jelok memiliki potensi yang luar biasa dalam mengemas paket wisata sebagai perpaduan upaya pelestarian lingkungan dan tradisi budaya lokal dengan semangat pluralitas, kebersamaan dan kegotongroyongan. Wisatawan dapat menikmati wisata pendidikan (non formal), aneka petualangan, dan atraksi kesenian tradisional dengan suasana khas alam pedesaan.

Asyiknya Trip Jembatan Gantung DEWIELOK (Desa Wisata Jelok) Gunungkidul

Jembatan Gantung Desa Jelok Jadi Favorit

Jembatan gantung artistik DEWIELOK di atas aliran sungai merupakan lokasi favorit bagi para penggemar fotografi. Di sini juga terdapat komunitas belajar yang disebut Kampoeng Nusantara. Desa wisata yang berharap menjadi “Venesia-nya Indonesia” ini juga menyajikan paket khusus wisata Dinner on The River, sensasi menikmati makan malam (Romantic Dinner) di atas sungai dengan suguhan kuliner tradisional dan iringan musik etnik Jawa.

Bagi penggemar petualangan, susur Goa Cokakan sambil menikmati stalaktit dan stalakmit khas goa-goa karst Gunungkidul bisa menjadi pilihan. Berbagai fasilitas menarik tersedia, salah satu yang terus dikembangkan adalah cottage unik tempat menginap bagi wisatawan.

Jelok adalah konsep desa wisata yang berbasis masyarakat, budaya dan lingkungan. Wisata di kampung seluas 75 hektare ini dibagi menjadi wisata petualangan, yakni arung jeram, menangkap ikan, bersepeda, berkemah, outbond. Wisata pendidikan, membaca di perpustakaan, melukis, menggambar, bertani oragnik, membuat biogas, pupuk kompos dan arang. Sementara wisata budaya, seperti pertunjukan merti kali, jathilan, macapat.
Paling menarik di desa wisata jelok ini adalah penduduknya yang ramah. Anda bisa bermalam di rumah warga, merasakan masakan ala ndeso yang dipetik dari sawah organik dengan biaya yang sangat murah, Rp50.000 per malam untuk 4 orang. Delapan pemandu wisatanya pun sangat ramah, mereka akan mefasilitasi wisata yang Anda pilih.
Jembatan Gantung Desa Jelok Jadi Favorit

Pilihan Wisata Yang Ada Di Desa Jelok

1. Wisata Air : arung jeram, kano, rafting, dll
2. Wisata Petualangan : susur goa, tracking sepeda.
3. Wisata Budaya : adanya spel kesenian karawitan yang rutin di Desa Wisata Jelok
4. Sarana outbound, makrab, bumi perkemahan (camping ground), penginapan.
5. Sajian pemandangan dengan spot fotografi menawan.
6. Romantic dinner dengan suasana Pedesaan.
7. Jembatan gantung antik Jelok dan lika liku Sungai Oya.
8. Wisata kuliner mencicipi wader kali dan sajian khas Gunungkidul.

Artikel terkait Asyiknya Trip Jembatan Gantung DEWIELOK (Desa Wisata Jelok) Gunungkidul