lklan-728x90
Menu

Apa Saja Ciri Khas Makanan Dari Yogyakarta?

Apa Saja Ciri Khas Makanan Dari Yogyakarta? – Sebagai negara yang memiliki keragaman suku dan budaya tentunya akan memiliki keanekaragaman masakan yang menjadi ciri khas suatu daerah. Sebut saja masakan yang menjadi ciri khas masakan tradisional dari daerah insrimewa Yogyakarta. Masakan ini sudah diwariskan secara turun temurun dan telah menjadi icon masakan untuk daerah isitimewa Yogyakarta.

Dalam proses pembuatanya, masakan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Hal ini dikarenakan selain pengolahan makanan yang memerlukan metode tersendiri juga masakan ini diolah dengan cara tradisional. Oleh karena itu mengolah makanan ini untuk menjadi masakan yang mempunyai cita rasa yang baik perlu teknik tersendiri yang mungkin berbeda.

Makanan Khas Yogyakarta

Brikut beberapa ciri khas makanan dari Yogyakarta yang musti anda coba jika berkunjung ke Yogyakarta.

GUDEG
GUDEG
Gudeg merupakan makanan khas paling terkenal di Yogyakarta. Sebagian besar dari gudeg disediakan untuk makan malam dengan jam buka mulai pukul 09.00 ketika toko toko tutup. Kenapa? karena gudeg-gudeg yang cukup ramai dijual di trotoar di depan pertokoan atau lokasi-lokasi pusat keramaian. Gudeg yang dijual pada malam hari adalah gudeg basah. Gudeg ini berkuah dan tidak tahan lama, tidak seperti gudeg kering/kendil yang dijual sepanjang hari. Gudeg yang dijual di malam hari cenderung tidak terlalu manis dan harganya pun lebih murah.

 

ANGKRINGAN
Angkringan
Angkringan adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Yogyakarta. Murahnya makanan yang dijajakan di Angkringan membuat tempat makan yang berbentuk gerobak dorong seperti kakilima ini sangat populer. Di Yogya, nasi kucing (Sego kucing) khas angkringan dijual hanya dengan harga 1000 – 2000 rupiah saja lengkap dengan dua macam pilihan lauk standar yaitu tumis tempe buncis atau sambal teri. Makanan penyertanya seperti usus, sate jerohan ayam, sate telur puyuh juga dijual dengan harga 1000 – 3000 rupiah saja per tusuknya. Jangan lupa gorengan dan tahu bacem, semua dapat dipanaskan kembali di tungku yang digunakan untuk merebus teh, kopi dan jahe.

BAKPIA
bakpia jogja
Bakpia berasal  dari kampung Pathok, sudah sangat melegenda se-nusantara hingga menjadi oleh-oleh khas Jogja/ Yogyakarta yang tidak pernah  luput jadi  yang dicari oleh setiap  wisatawan. Dari Kampung inilah , industri rumahan bakpia ini mulai menjadi berkembang, sehingga jangan heran setiap rumah membikin dengan merek bakpia sendiri sesuai dengan nomor rumah mereka. Maka kita  akan menemukan  bakpia Pathok 75 sebab  memang  diproduksi oleh nomor rumah 75. Sekarang ini makin banyak industri bakpia dengan aneka rasa lebih kreatif  seperti bakpia rasa  buah duren serta rasa  keju, yang diproduksi   oleh Bakpia Merlino. Selain  produk bakpia Merlino serta Bakpia 75, kami rekomendasikan juga buat anda untuk membeli  BakpiaPia Djogdja yang waktu lalu menjadi official snack pada acara  pernikahan putri Keraton Jogja. Bakpia ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa oleh setiap wisatawan yang berkunjung kekota jogja karena selain rasanya yang lezat dan beraneka ragam rasa dan yang pasti harganya bervariatif sesuai dengan kondisi keuangan anda.

 

Artikel terkait Apa Saja Ciri Khas Makanan Dari Yogyakarta?