lklan-728x90
Menu

Keindahan Wisata Alam Air Terjun Sipiso Piso di Sumatra Utara

Air Terjun Sipiso piso adalah salah satu obyek wisata di kepulauan Sumatera. Sipiso piso berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang letak air terjunnya tidak begitu jauh dari permukiman warga Desa Tongging. Air terjun Sipiso piso ini berada di perbukitan yang berketinggian kira kira 800 mdpl. Dan air terjun sipiso piso ini dikelilingi oleh hamparan hutan pinus. Pemda Kabupaten Karo ini yang memegang pengelolaan wisata alam air terjun ini. Dengan mempunyai ketinggian kira kira 120 meter, Air Terjun Sipiso piso ini adalah salah satu air terjun paling tinggi di Indonesia. Dengan terdapatnya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu dari obyek wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan domestik dan  wisatawan asing/mancanegara.

keindahan-wisata-alam-air-terjun-sipiso-piso-di-sumatra-utara

Anda akan terkagum dan terpesona melihat keindahan dengan pesona Air Terjun Sipiso piso. Saat Anda sedang berada di Desa Tongging, tempat air terjun sipiso piso ini berada. Sebelum Anda menikmati indahnya air terjun Sipiso piso ini dari dekat, berkunjunglah terlebih dahulu di gardu pandang. Gardu pandang ini yang terletak di puncak bukit. Disana Anda akan melihat dan menikmati hamparan keindahan Tanah Karo yang menakjubkan. Dari gardu pandang ini, anda juga dapat menikmati pesona keindahan Pulau Samosi. Pulau Samosi ini letaknya berada di tengah tengahnya Danau Toba. Sesudah Anda puas mengamati dan menikmati pemandangan yang indah dari kejauhan, Saatnya Anda untuk melanjutkan perjalanan menyusuri punggungan bukit untuk bersenang senang menikmati akan keindahan Air Terjun Sipiso-piso. Akan tetapi, Anda tidak usah khawatir saat menyusuri punggungan bukit tersebut. Sebab sudah tersedia jalur alternatif berupa anak tangga dan memang sudah disediakan untuk para wisatawan yang berkunjung.

Keindahan Air  Terjun Sipiso Piso

Untuk Perjalanannya bisa memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk sampai ke dasar air terjun Sipiso piso ini. Saat dalam perjalanan menuju dasar air terjun tersebut, anda jangan lupa mengabadikan keindahan momen ini dengan berfoto-foto ria. Berfoto foto dengan latar belakang Danau Toba memang sangatlah menakjubkan. Setelah sampai di dasar air terjun, anda bisa mengarahkan pandangan anda ke arah bukit-bukit indah yang ada di sekeliling air terjun. Dengan keindahan warna perpaduan hijaunya hamparan pepohonan pinus yang rimbun disertai suara gemuruh air terjun Sipiso piso. Ini semua membuat suasana pikiran dan hati Anda akan merasakan damai dan tenteram serta nyaman. Untuk berwisata ke tempat ini, Jangan lupa untuk membawa bekal makanan. Tujuannya untuk dinikmati bersama keluarga tercinta Anda sesudah merasa lelah bermain air di Air Terjun Sipiso-piso.

Nama air terjun Sipiso piso yang mengelola Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini mempunyai arti yang khas. Sebagaimana disebutkan dalam kabar berita , bahwa air terjun Sipiso-piso ini berasal dari piso yang maknanya adalah pisau. Derasnya aliran air yang berjatuhan dari bukit yang sangat tinggi yaitu di atas seratus meter ini digambarkan seperti halnya berbilah-bilah pisau yang sangat tajam. Lebih dari itu, jurang dari air terjun ini yang curam apabila dilihat dari puncak bukit. Dari atas bukit ini membuat orang setempat menyebut air terjun tinggi ini piso dari Tanah Karo. Sebagai kabupaten yang sedang berkembang, sektor pengelola pariwisata di Tanah Karo menjadi potensi wisata unggulan.

Keunggulan Air Terjun Sipiso Piso

Tempat tujuan wisata ini diharapkan mampu membantu manaikkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD, di samping dari sektor pertanian serta industri tentu saja. Pada sektor pertanian, industri, Kabupaten Karo mempunyai tempat tujuan wisata yang sangat menarik, Contohnya gunung berapi, kawasan pegunungan, danau, air terjun, sumber air panas, rumah tradisional, kebudayaan masyarakat yang lokal, dan lain lain. Dalam perkembangan zaman, tempat tujuan wisata di Tanah Karo ini mulai dipromosikan di luar daerah dan tentu saja dikembangkan. Termasuk Air terjun Sipiso-piso ini sudah terkenal di berbagai negara karena sudah banyak dipromosikan lewat media sosial atau surat kabar.

Walaupun seolah terjadi masalah saingan di antara objek atau tempat tujuan wisata itu. Peristiwa ini tetap memberikan nilai positif sebab masing-masing tempat menjadi termotivasi untuk berkembang. Serta mampu menarik wisatawan dari mana saja sebanyak banyaknya. Salah satu contoh, yaitu di Desa Tongging.  Yang baru baru ini telah didirikan Taman Wisata Iman atau TWI. Walaupun demikian, TWI yang critanya lebih banyak menyita perhatian para wisatawan untuk berkunjung. Akan tetapi pesona Sipiso-piso mungkin tidak akan pernah tergantikan. Disebabkan air terjun Sipiso piso ini tidak lain adalah salah satu air terjun yang paling tinggi. Di antara banyaknya air terjun di Indonesia, seperti Provinsi Sulawesi Utara atau Grojogan Sewu, Air Terjun Tinoor di Kota Tomohon, di Provinsi DIY Air terjun Jogja Sri Gethuk.

Air Terjun Paling Dicari

Dari semua air terjun itu, air terjun Sipiso-piso tetaplah paling istimewa. Hanya terpisah dengan jarak sejauh 35 kilo meter dari kota wisata yang paling terkenal di Indonesia, Kabupaten Karo, Kota Berastagi. Serta hanya membutuhkan sekitar 45 menit dari wilayah Kota Medan, yang merupakan Ibukota Provinsi dari Sumatra Utara.  Air Terjun Sipiso-piso ini terbukti bisa mengangkat derajat Kabupaten Karo sebagai tempat tujuan wisatawan mancanegara ataupun wisata domestik. Seorang pecinta wisata bernama Tonggo Simanungsong, mengungkapkan bahwa wisatawan asing yang banyak berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso berasal dari negara Malaysia, Prancis, Singapura, dan Belanda . Air terjun ini sangat indah.

Akses Air Terjun Sipiso Piso

untuk letak dan posisi air terjun Sipiso piso ini berada pada sisi utara danau toba. Lebih tepatnya berada di kawasan Desa Tongging berada di kecanatan Merak dan kabupaten Karo. Nah untuk berkunjung ke tempat wisata yang indah nan sejuk ini bisa menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam dari wilayah kota Medan. 2 sampai 3 jam ini jika anda menggunakan kendaraan pribadi dan selama perjalanan anada akan melewati Barastagi yang katanya terkenal sekali dengan jeruknya. Apabila anda dari arah parapat, anda akan memakan waktu perjalanan kira kira satu setengah jam. Dan disitu kita akaqn terpesona akan keindahan pemandangan saat melihat keindahan air terjun sipiso piso.

Jika Anda berada di wilayah Kota Medan, ibukota Provinsi dari Sumatra Utara, untuk itu Anda akan menempuh perjalanan lamanya kira kira 2 jam.  Dengan menggunakan bus ataupun mobil untuk menuju Kabanjahe, ibukota dari Kabupaten Karo. KWilayah abanjahe ini berada di selatan kawasan obyek wisata dataran tinggi Barastagi yang paling terkenal. Setiap jangka waktu 45 menit bus trayek Kabanjahe akan berangkat dari terminal pusat di kota Medan. Untuk Tarif bus ini sangat bergantung dengan jenis kendaraan yang Anda pilih. Bus ekonomi tentu saja harganya yang paling murah. Setelah sampai di Kabanjahe, Anda masih akan melewati jarak sejauh 24 km ke arah Utara. Jalur untuk menuju Danau Toba. Dengan Jalan yang sudah beraspal, Anda bisa sampai di Desa Tongging. Tujuan untuk menikmati tempat wisata di Air Terjun Sipiso-piso dalam waktu 30 menit menggunakan transportasi mobil ataupun bus.

Artikel terkait Keindahan Wisata Alam Air Terjun Sipiso Piso di Sumatra Utara