lklan-728x90
Menu

Eksotisme Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten yang terdapat di wilayah Yogyakarta. Di Kabupaten Kulon Progo ini terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang tentunya sangat mengagumkan bagi wisatawan yang berkunjung. Salah satu tempat wisata yang paling populer dan paling banyak dikunjungi di Kabupaten Kulon Progo adalah wisata alam air terjun Kedung Pendut. Pada tempat wisata air terjun kedung pendut ini memiliki keindahan alam yang berbeda dengan air terjun di Yogyakarta pada umumnya. Air terjun kedung pendut ini memiliki paduan warna yang sangat indah. Sehingga wisata alam ini menjadi wisata yang paling favorit di Yogyakarta khususnya di Kulon Progo ini. Dan tidak heran jika banyak orang yang menjuluki Kabupaten Kulon Progo dengan The Jewel Of Java. Jika anda berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mampir sejenak untuk melepas penat di air terjun kulon Progo ini.

eksotisme-wisata-alam-air-terjun-kedung-pedut-kulon-progo

Kedung Pedut adalah destinasi wisata baru yang sudah dibuka sejak tanggal 15 Februari tahun 2015. Kalau diartikan dalam bahasa Jawa, kedung mempunyai arti sebagai kolam atau genangan air yang memang cukup dalam. Wisata air Kedung Pedut menyuguhkan paduan dari kolam alami serta air dengan warna biru kehijauan yang sangat mempesona dan menawan.  Nah.. Untuk bisa menikmati eksotisme dan keindahan Air Terjun Kedung Pedut ini, jika dari tempat parkir, para wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak untuk turyn ke lembah. Para wisatawan bakal disuguh dengan suasana alam yang sangat asri dan sejuk serta adem khas pegunungan.Sesudah itu, para wisatawan harus melintasi jembatan yang terbuat dari bambu untuk bisa sampai lokasi Air Terjun Kedung Pedut.

Rute Wisata Kedung Pedut

Untuk sampai ke obyek wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, dari Jogja bisa langsung melewati Jalan Godean. Anda bisa lurus ke arah barat sampai bertemu dengan perempatan Demak Ijo. Nah.. Dari tempat itu masih lurus terus melewati Pasar Godean sampai perbatasan Kulon Progo. Dan melalui jembatan yang besar ke arah perempatan Nanggulan. Kemudian Pasar Kenteng sampai pada tanjakan ke arah Perbukitan Menoreh. Setelah Sampai pada pertigaan kemudian belok ke arah kanan arah Goa Kiskendo.

Sesudahnya anda melaluii Goa Kiskendo, jika bertemu dengan pertigaan beloklah ke kiri. Dan akan bertemu dengan pertigaan Grojogan Muda lalu beloklah kde arah kiri. Lalu anda akan menemukan petunjuk jalan ke arah Air Terjun Kembang Soka. Dan itu masih lurus terus hingga bertemu pertigaan dan belok kiri. Disitulah sudah banyak sekali petunjuk arahatau jalan menuju Air Terjun Kedung Pedut. Apabila kurang jelas anda bisa bertanya pada warga sekitar yang bisa mengantarkan anda ke tempat tujuan.

Keindahan Air Terjun Kedung Pendut

Air terjun ini memang sangat sesuai dengan julukan yang orang berikan. Ada dua warna yang terdapat pada wisata air terjun kedung pedut ini. Warna yang putih dan jernih ini berasal dari jernihnya air yang mengisi dan mengalir di sungai ini. Kondisi alam di sini sangatlah baik, ini terbukti dengan adanya air mengalir dengan sangat jernih ini. Dan bisa dikatakan bahwa masyarakat di wilayah ini menjaga kebersihan agar aliran sungai dan kebersihan wilayah sekitar akan tetap terjaga dengan baik. Selain warna putih, air terjun kedung kedut ini juga mempunyai warna hijau tosca, ada juga yang mengatakan bahwa warna ini adalah warna biru. Semua warna ini adalah pengaruh dari dasar sungai yang berupa bebatuan yang bersih dan indah. Mungkin saja bebatuan yang larut di dasar sungai ini yang membuat air di kedung ini menjadi hijau atau biru.

Selain dua warna yang ada di air terjun ini, ada juga keunikan yang ada di kolam alami dengan dilengkapi dengan air terjun ini. Kolam yang alami ini merupakan sebuah kedung, atau juga bisa jadi dibilang suatu yang berbentuk cekung dan punya kedalaman kira kira sampai dada atau leher orang dewasa. Jadi sangat cocok untuk bermain air atau sekedar berenang. Kolam atau kedung alami ini dijadikan sebagai tempat bermain air oleh Kelompok Sadar Wisata. Akan tetapi disekitar air terjunnya tidak dijadikan sebagai tempat bermain air. Tetapi hanya untuk berfoto saja, karena tempatnya bagus untuk berfoto selfi atau berfoto bersama teman dan keluarga anda.

Keasrian Air Terjun Kedung Pedut

Pada sekitar dinding dinding tebing terdapat bambu yang menempel kuat pada tebing itu. Bambu tersebut dibuat untuk dijadikan tempat duduk sebagai sarana menikmati kolam yang alami. Serta bisa dijadikan sebagai tempat istirahat untuk melepas lelah setelah bermain air di wisata air terjun kedung pedut. Walau baru dibuka beberapa bulan ini, fasilitas yang ada di tempat ini sudah tersedia dengan baik walaupun hanya sederhana. Jalan setapak yang masih sederhana untuk jalan menuju air terjun ini justru menambah kondisi sekitar air terjun ini terlihat semakin alami. Dan tentu saja membuat perjalanan anda ke lokasi ini menjadi semakin seru dan semakin mengasyikkan. Di tempat wisata ini juga terdapat banyak tempat sampah yang disediakan. Ini semua bertujuan untuk menjaga kebersihan. Pengunjung yang datang tidak boleh meninggalkan sampah di sembarang tempat.

Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut

pada lokasi tempat wisata ini sudah disiapkan gardu pandang yang terdapat ketinggian dan ada juga tempat duduk atau kursi yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk menikmati pemandangan yang indah ini. Fasilitas lainnya adalah tempat sampah yang disiapkan agar pengunjung menjadi lebih sadar akan pentingnya kebersihan di tempat tempat wisata. Pada tempat wisata ini juga terdapat fasilitas kamar mandi dan tempat sholat. Jika anda ingin mandi atau ganti baju setelah bermain air di air terjun bisa menggunakan kamar mandi ini. Jika dalam bermain anda menemui waktu sholat, anda juga bisa langsung melaksanakan sholat di musholla yang sudah disediakan ini.

Pada lokasi air terjun kedung pedut kulon progo ini banyak juga terdapat warung warung makan. Warung makanan yang berada di lokasi wisata ini menjual berbagai macam makanan dan minuman yang cukup bervariasi.  Di sekitar jalan menuju tempat wisata ini bisa anda pilih warung makan yang cocok untuk anda. Disini anda bisa beristirahat sejenak dan melepas lelah sambil menikmati makanan yang anda pesan. Nah.. untuk datang ke tempat wisata ini anda tidak perlu susah susah memasak dan membawa bekal dari rumah. Akan tetapi anda bisa membeli di tempat ini dengan harga yang murah dan tentunya terjangkau.

Untuk akses menuju tempat wisata ini, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi. Sebab untuk saat ini belum ada angkutan umum yang khusus melaju menuju lokasi wisata air terjun Kedung Pedut. tapi anda jangan khawatir karena jalur wisata ini bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

 

Artikel terkait Eksotisme Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo