lklan-728x90
Menu

Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo Wisata Alam Nan Menawan

Kabupaten Kulonprogo beberapa tahun belakangan ini mulai mengembangkan potensi wisata alam yang ada di wilayahnya. Diberkahi berbagai macam tempat-tempat yang indah pemerintah setempat gencar membangun insfrastuktur untuk menunjang pariwisata di kabupaten ini. Selain itu promosi objek-objek wisata juga gencar digalakkan sehingga banyak wisatawan yang tertarik dan kemudian berkunjung ke objek-objek wisata di Kulonprogo.

Wisata alam yang berbentuk air terjun merupakan obyek wisata yang biasanya menjadi tujuan para wisatawan. Wisata alam air terjun adalah wisata yang menyatu dengan alam, selain menikmati air terjun, kita juga menikmati keindahan alam disekitar air terjun. Wisata alam air terjun ini bernama air terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo Wisata Alam Nan Menawan

Namanya sama seperti air terjun yang ada di Jawa Tengah, tapi bukan air terjun itu yang dimaksud. Air Terjun Grojogan Sewu ini terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta. Banyaknya aliran air yang melewati jeram dan jatuh langsung ke sungai membuatnya dinamakan demikian. Airnya yang jernih sekalipun pada musim hujan membuat air terjun ini banyak diminati wisatawan.Selain itu, pohon-pohon rindang dari hutan sekitarnya membuat lokasi ini tetap teduh dan sejuk.

Rute Menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Rute jalan ke air terjun grojogan sewu ini sebenarnya sangat mudah karena Air terjun ini terletak di desa wisata yaitu Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk para wisatawan dari kota jogja atau luar jogja, mungkin belum tahu obyek wisata ini, karena baru sekitar 2 tahun dikelola.

Rute Jalan Ke Wisata Grojogan Sewu :
-Dari Jogja = Jl. godean – pasar godean – gedongan – sungai progo – kenteng – Jl.Goa kiskendo.
-Dari Sentolo = Jl. Sentolo – nanggulan – kenteng – belok kiri – Jl.Goa kiskendo.
-Dari magelang = Kalibawang-dekso- kenteng-belok kanan-Jl.Goa kiskendo.

Pesona Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Perjalanan ke Gerojogan Sewu akan terasa menyenangkan karena banyak pepohonan rindang di kiri kanan jalan saat menyusuri jalan setapak. Udara yang sejuk dan pemandangan hijau pepohonan membuat pikiran menjadi segar kembali. Semakin mendekati lokasi air terjun, terdapat gazebo dan tempat duduk sederhana dari bambu yang disediakan pengelola agar wisatawan bisa menikmati keindahan alam disana.

Setibanya di lokasi air terjun, para wisatawan dapat menyaksikan sebuah air terjun yang mempesona. Ada beberapa tingkatan di air terjun ini, ada yang sudutnya 90 derajat ada juga yang bentuknya mirip dengan perosotan. Di air tejun paling atas terdapat sebuah kedung yang biasanya para penggunjung akan mandi disini. Airnya yang jernih tentu saja menggoda para wisatawan untuk terjun kedalamnya. Namun disarankan untuk tetap waspada saat mandi di kedung karena kedung ini cukup dalam.

Ketinggian air terjun ini kurang lebih 7 meter. Suasana sejuk pedesaan dan dinginnya air menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan yang berkunjung anak anak muda yang seru seruan bareng temen temennya. Kalau ada yang berani boleh kok kalau mau nyoba mandi dan merasakan langsung dinginnya air Grojogan sewu itu. Nikmati sensasi langsung air yang menimpa kepala yang sedang penuh dengan kegiatan dan pekerjaan.

Bagi yang tidak ingin mandi di kedung bisa bermain air di aliran air sungai. Jika tidak ingin basah-basahan bisa duduk santai di gazebo atau kursi sederhana yang dibuat oleh pengelola menikmati rimbun pepohanan, gemercik air sungai dan suara serangga yang menghuni hutan desa. Fasilitas yang ada juga cukup lengkap. Ada musolla, toilet dan juga kamar mandi sehingga para wisatawan tidak perlu kuatir mengenai masalah ini.

Artikel terkait Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo Wisata Alam Nan Menawan