lklan-728x90
Menu

3 Pantai Di Gunungkidul Yang Terkenal Akan Keindahannya

3 Pantai di Gunungkidul yang terkenal akan keindahannya membuat Gunungkidul menjadi ramai pengunjung.  Tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Ini karena Gunungkidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang sangat indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan juga keindahan alam yang sangat menarik. Gunungkidul sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling menarik dan populer. Siapa sangka, Gunungkidul yang identik dengan bukit kapur yang tandus menyimpan spot wisata yang menarik perhatian wisatawan. Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan wisata pantai yang mempesona. Gunung Kidul di Yogyakarta seakan menjadi surga bagi para pecinta pantai. Ada banyak objek wisata pantai di Gunungkidul berjejer dari ujung barat sampai ujung timur.

3 Pantai Di Gunung Kidul Yang Terkenal Akan Keindahannya

Meskipun Kabupaten Gunungkidul di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang identik dengan gersang di musim kemarau, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner. Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak orang yang memandang sebelah mata Gunungkidul sebagai tempat liburan. Atau mungkin memang belum banyak yang tahu tentang potensinya sebagai kawasan wisata yang menakjubkan. Berbeda dengan kota Jogja yang lebih mengandalkan wisata-wisata sejarah dan budaya, Gunungkidul punya daya tarik utama berupa wisata alam, terutama pantai. Banyak yang mengatakan, Wilayah kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai wilayah yang susah sinyal, terpencil atau semacamnya. Tapi, dibalik itu semua, ada sejuta keindahan yang akan membuat siapapun akan sangat terpesona dengan keindahan wisata di Kabupaten Gunungkidul ini.

Indahnya Wisata Pantai Gunungkidul

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang unik masih asri dengan udara yang masih segar, Gunungkidul Yogyakarta adalah tujuan yang wajib Anda kunjungi. Selain itu di pantai-pantai daerah Gunungkidul ini terkenal dengan pasir yang berwarna putih dan menambah pemandangan semakin elok seperti Pantai Trenggole. Dari masing-masing pantai juga memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan disana. Yang pasti, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di pantai Gunungkidul Yogyakarta ini dan selain menikmati suasana pantai Anda juga dapat menikmati kuliner yang berbeda-beda yang nikmat tentunya.

Kebanyakan Pantai di Gunung Kidul memiliki ombak yang besar serta pasir pantai yang berwarna putih. Selain itu ada pantai di Gunungkidul juga terkenal dengan keindahan batu karangnya. Sebagian pantai di Gunungkidul Yogyakarta ini malah masih sepi, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk camping. Acara seperti ini sangat cocok untuk acara-acara khusus yang diikuti tidak banyak orang. Pada malam hari mereka bisa membuat api unnggun dan menikmati suasana malam di pantai. Hai ini terjadi karena dulu belum banyak para wisatawan yang belum mengetahui keindahan wisata yang sangat bervariasi ini.

Tapi untuk saat ini keindahan wisata pantai di Gunungkidul ini sudah banyak diketahui oleh banyak wisatawan sehingga pada hari-hari libur selalu ramai dikunjungi pengunjung bahkan ada yang bermalam di pantai dengan membawa tenda. Banyak sekali pantai di Gunungkidul yang belum mempunyai nama, namun untuk kali ini membahas tentang pantai yang telah diberi nama oleh masyarakat Gunungkiduldan sudah terkenal akan keindahannya. Beberapa pantai yang terkenal dengan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi diantaranya adalah sebagai berikut;

Pantai Baron Tanjung Sari Gunungkidul

Pantai Baron Tanjung Sari Gunungkidul

Tempat wisata pantai memang menjadi favorit bagi para pengunjung seperti Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul contohnya. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta. Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cinderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.

Upacara sedekah laut adalah upacara yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Gunungkidul. Pantai Baron adalah salah satu tempat untuk menyelenggarakan upacara sedekah laut tersebut. Upacara sedekah laut diselenggarakan setiap tanggal satu Syuro dalam penanggalan Jawa. Upacara sedekah laut dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan di Pantai Baron. Awalnya, sebagaian besar penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun. Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapatkan banyak ikan, kemudian banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan. Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit kemudian penduduk mencoba menangkap ikan ketengah laut menggunakan rakit kayu.

Adanya kapal di pantai ini karena suatu ketika terjadi tragedi nelayan yang saat menangkap ikan di tengah laut digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menjadikan pemerintah menyumbangkan perahu untuk nelayan Pantai Baron. Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Keindahan Pantai Baron Gunungkidul tidak kalah dengan berbagai pantai indah di Jogja lainnya. Maka dari itu, meski lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Jogja ini bisa dibilang agak jauh, masih ada aja para turis yang berkunjung ke sana dan menikmati keindahan yang ada. Obyek wisata Pantai Baron Gunung Kidul Jogja sendiri sangat terkenal dengan keindahan alam pantai yang masih alami dan asri. Jadi sangat pas sekali jika Anda berkunjung ke lokasi wisata ini untuk sekedar melepas penat bersama keluarga Anda. Kelebihan atau yang membuat Pantai Baron Gunung Kidul ini menjadi berbeda dari pada pantai di Jogja yang lain adalah keberadaan dua bukit. Dua bukit yang mengapit pantai ini membuat nuansa lain dan keindahan yang lain dari pada pantai yang lain yang ada di Jogja. selain itu, pantai yang berwana kecoklatan semakin menambah kealamian nuansa pantai yang menggoda selera berwisata Anda. Perahu yang berjajaran banyak di tengah kawasan laut semakin menahbiskan kekhasan tempat wisata pantai yang rupawan. Anda tidak akan menyesal menghabiskan perjalanan jauh menyusuri lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Jogja karena keindahan yang memang sangat luar biasa.

Pantai Baron sendiri adalah salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul Jogja. Lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Jogja memang sedikit jauh karena jarak sekira 40 km dari pusat kota. Asal mula dari Pantai Baron Gunung Kidul Jogja sendiri adalah berawal dari seorang bangsawan yang berasal dari Belanda yang bernama Baron Skeber. Akses jalan lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul ini sudah mulus dan sangat nyaman untuk dilewati baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk lebih jelasnya, lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Jogja sendiri jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa memulainya dari stasiun Tugu. Untuk transportasi menuju lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Jogja bisa Anda tempuh dengan naik Trans Jogja jurusan 1A. Sesampainya di bandara Adi Sucipto Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berpindah jalur dari Trans Jogja 1A ganti ke jalur 3B. Bus jalur 3B ini akan langsung membawa Anda ke terminal Giwangan. Dari Wonosari, untuk lokasi dan rute menuju Pantai Baron Gunung Kidul Anda lanjutkan dengan minibus langsung menuju pantai Baron. Atau jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan Google Map sebagai panduan.

Keindahan Pantai Sepanjang

Keindahan Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan salah satu deretan pantai gunung kidul Yogyakarta yang begitu sayang untuk dilewatkan. Letak Pantai Sepanjang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 1 km sebelah timur Pantai Kukup dan sebelah barat Pantai Drini. Nama Pantai Sepanjang diambil dari garis pantai ini yang sangat panjang. Pantai Sepanjang memiliki panjang pantai lebih panjang dibandingkan dengan pantai yang terdapat di kawasan Gunung Kidul lainnya. Pantai ini segaris dengan Kukup, Pantai Sundak dan Baron yang menyajikan pemandangan keindahan pasir putih yang terhampar di sepanjang pesisir pantai memberikan nilai tambah untuk pantai ini. Pantai ini satu garis dengan pantai sundak, pantai kukup dan pantai baron. Pesona pasir putih yang terhampar panjang di pesisir pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini adalah obyek wisata yang baru saja dibuka oleh Pemkab Gunung Kidul. Hal ini dapat Anda lihat dari jalan menuju ke bibir pantai yang masih baru. Pohon-pohon palem rapi berjajar di sepanjang pantai menambah keindahan dan keanggunan pantai ini.

Ketika air laut sedang surut akan dapat anda lihat karang-karang muncul dibibir pantai yang landai yang menjadi habitat dari aneka kehidupan biota laut. Para pengunjung dapat menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, anggang laut, bulu babi dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada batu karang tersebut. Dalam keadaan laut surut itulah biasanya para penduduk setempat menggunakan waktu tersebut untuk berburu mendapatkan rumput laut, kerang-kerangan dan lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun selanjutnya diolah dan dijual kembali. Beberapa gubuk yang beratapkan daun kering berdiri di beberapa tempat di sekitar pantai menyediakan aneka makanan dan minuman yang menyediakan aneka makanan hasil laut. Anda bisa menikmati pemandangan pantai sepanjang yang indah ini saat pagi hari sambil melihat sunrise.

Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut. Ditempat ini kita juga bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai membuat aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut dapat berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan.

Pantai Pok Tunggal Tepus Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Tepus Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal adalah pantai yang sangat terkenal dengan keindahannya. Dalam bahasa Jawa pok bisa berarti pohon dan tunggal adalah satu. Bisa jadi penamaan Pok Tunggal berdasarkan pada keberadaan sebatang pohon duras di bibir pantai yang menjadi ikon pantai ini. Pantai Pok Tunggal menjanjikan banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari bermalas-malasan hingga uji adrenalin. Dengan garis pantai yang panjang dan luas, wisatawan bisa bermain pasir atau bersantai di bawah payung warna-warni sambil minum kelapa muda yang dijual di warung-warung yang ada. Jika ingin menikmati Pok Tunggal dari sudut pandang yang berbeda, terdapat dua bukit yang bisa di daki untuk menikmati panorama dari ketinggian. Yang pertama adalah Bukit Tirta Asri yang terletak di sisi barat. Untuk mencapai bukit ini sudah dibangun tangga permanen. Di bukit tersebut terdapat beberapa gazebo beratap rumbia yang bisa dijadikan tempat bersantai dan menyaksikan debur ombak.

Bukit yang kedua terletak sebelah timur bernama Bukit Panjong. Untuk mencapai puncak bukit ini diperlukan sedikit keberanian. Dari pantai berpasir wisatawan harus menyusuri pinggang tebing kapur, lantas menyeberang jembatan bambu setinggi belasan meter yang menempel persis di pinggir tebing dan menghadap ke laut. Di Bukit Panjong terdapat beberapa gazebo serta tempat datar yang ditumbuhi rerumputan dan tanaman pandan yang bisa Anda gunakan untuk menggelar tikar dan piknik atau mendirikan tenda. Spot terbaik untuk menyaksikan sunset di Pantai Pok Tunggal adalah dari Bukit Panjong ini. Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Tadi sore kami bahkan bertemu dengan rombongan bule yang menggendong ransel besar, sepertinya mereka akan berkemah di pantai ini. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.

Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

Artikel terkait 3 Pantai Di Gunungkidul Yang Terkenal Akan Keindahannya