lklan-728x90
Menu

Cara Budidaya Kacang Hijau Yang Baik

22/06/2015 | Pertanian

kacang

Pemilihan media tanam

Tanah adalah hal terpenting dalam membudidayakan kacang hijau sekaligus hal yang membuat cara budidaya kacang hijau menjadi lebih mudah. Tanah terbaik untuk budidaya kacang hijau adalah tanah lembung yang mengandung banyak zat organik yang diperlukan oleh tumbuhan. Kacang hijau akan cepat rusak bila terkena banyak air. Oleh karena itu, waktu yang tepat menanam kacang hijau adalah saat musim kemarau. seperti para petani di Gedansari saat ini,menanam tanaman di sawah pada musim kemarau yang paling tepat adalah tanaman kacang hijau.

Pemilihan bibit yang baik

Untuk mendapatkan hasil yang baik, kita juga harus memilih jenis benih kacang hijau yang baik pula. Sebelum menanam, kita harus melihat keadaan tanah yang menjadi media tanam. Apabila tanah tersebut belum pernah ditanami dengan kacang hijau, maka benih kacang hijau perlu kita inokulasi terlebih dahulu.

Pengendalain hama

da beberapa cara tanam yang penting untuk dilakukan agar hama dan penyakit tidak menyerang tanaman kacang hijau anda. Anda perlu menanam kacang hijau selang seling dengan tanaman lain, menanam kacang hijau secara serempak selama 10 hari dan menutup lubang tanam dengan jerami. Yang paling penting adalah membuat sanitasi yang baik dan penyiangan secara berkala.

Mengatasi hama dan penyakit

Ada beberapa hama yang dapat menyerang pohon kacang hijau anda, seperti lalat kacang dan bercak daun. Untuk hama lalat kacang, anda bisa menggunakan Azordin 15 WSC dan Agrothion 50 EC. Untuk penyakit bercak daun, anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan Benlate T 20 WP.

Artikel terkait Cara Budidaya Kacang Hijau Yang Baik